ASIDEWI Singgahi Desa Embong Uram Bengkulu

Caption : Kegiatan Asidewi di Bengkulu. (ist)

BACAMALANG.COM – Pada tanggal 17-18 Maret 2021 ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia) keliling Nusantara dalam rangka ASIDEWI Celebrating Anniversary 10th Desa Wisata Bangkit, dilanjutkan di Desa Embong Uram.

Desa Embong Uram terletak di Kecamatan Uram Jaya, Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Untuk sampai di Desa Embong, tim ASIDEWI melakukan perjalanan kurang lebih 6 jam dari Kota Bengkulu.

ASIDEWI disambut dengan hangat oleh kepala Desa Embong dalam melakukan sosialisasi peningkatan kapasitas SDM. Tak hanya itu, bentuk dukungan dalam membangun desa wisata, melalui sosialisasi peningkatan kapasitas SDM di Desa Embong Uram, juga dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi X, Bupati Lebong beserta wakilnya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta camat dan beberapa kepala desa.

Tujuan dari hadirnya ASIDEWI di Desa Embong ini diharapkan mampu menggugah semangat masyarakat dalam membagun desa.

Harapan ASIDEWI ini sejalan dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dalam memajukan dan meratakan pembangunan wilayah desa.

Dari target inilah merupakan salah satu cara dalam memulihkan ekonomi melalui sektor wisata.

Pada acara sosialisasi ini, sambutan Andi Yuwono, S.Sos.,M.Si selaku ketua umum ASIDEWI menyampaikan, ada 3K dalam membentuk desa wisata.

“Terdapat tiga pilar dalam membentuk desa wisata, dengan disingkat menjadi 3K, yaitu: Komitmen, Konsisten, dan
Kompak. Tiga hal ini menjadi pilar utama dalam membangun desa wisata, tanpa komitmen tujuan tidak akan tercapai, tanpa konsisten membangun desa wisata tidak akan maju, tanpa kompak SDM tidak akan berkembang dalam menyumbangkan ide-ide kreatif membangun desa wisata,” urainya.

Dalam menggugah hadirnya peran pemerintah dalam sosialisasi yang dilakukan ASIDEWI di Desa Embong
Uram ini diharapkan bisa dijadikan momen bagi para stakeholder dalam meninjau langsung potensi desa di zona tertinggal. Tak hanya itu, tim ASIDEWI juga memberikan pembelajaran mengenai pemetaan potensi desa, dan pembuatan paket wisata kepada seluruh pelaku wisata di Desa Embong Uram.

Pada momen ini juga, dilakukan penyerahan buku ASIDEWI Benteng NKRI yang dapat dijadikan referensi dalam membangun Desa Wisata Embong Uram, dan plakat ASIDEWI
Celebrating Anniversary 10th Desa Wisata Bangkit, secara langsung oleh ketua umum ASIDEWI, sebagai simbol bahwa ASIDEWI ikut berkontribusi dalam membangun Desa Embong Uram sebagai desa wisata.

Diharapkan, seusai sosialisasi dan pembelajaran yang diberikan oleh tim ASIDEWI mampu menumbuhkan sinergitas para pelaku-pelaku wisata dalam mewujudkan desa wisata yang berbasis Community Based Tourism (CBT) dan ramah lingkungan. (*)