Promosi Batik Malangan Lewat Pameran dan Fashion Show

Foto: Fashion show Batik Malangan oleh salah satu Lurah Kota Malang di gedung Kartini, Rabu (21/10/2020). Batik Malangan ini diperagakan 57 Lurah dan 5 Camat se-Kota Malang, serta pameran yang digelar hingga Sabtu (24/10/2020). (ned)

BACAMALANG.COM – Masa pandemi harus disikapi dengan bijak, apalagi wabah ini menyangkut semua segi kehidupan, termasuk ekonomi. Hal ini membuat Pemerintah Kota Malang menghelat Gelar Batik Malangan di Gedung Kartini, Kota Malang, Rabu (21/10.2020), berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Malang.

Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji mengungkapkan, selama masa pandemi, usaha kecil harus diberi motivasi. “Memang berdampak, namun jangan sampai terpuruk,” tegasnya.

Widayati menambahkan, kolaborasi ini dalam artian pemerintah yang punya wilayah kelurahan dan kecamatan, sementara pihak Dekrasanada di bagian UMKM.

Acara dalam rangka HUT Pemprov Jatim ke-75 ini berlangsung hingga Sabtu (24/10/2020), menampilkan sejumlah bazar dengan batik maupun produk unggulan Kota Malang lainnya.

Sementara itu digelar pula fashion show Batik Malangan yang diperagakan 57 Lurah dan 5 Camat se-Kota Malang. Salah satu perajin Batik, Siti Rohma mengaku selama pandemi pendapatannya turun sekitar 50-75 persen.

“Alhamdulillah dengan adanya pameran ini bisa lebih memperkenalkan dan mengangkat Batik maupun produk UMKM lainnya,” terangnya.

Siti berharap melalui event-event seperti ini dapat membuat produksi UMKM kembali bergairah serta dapat meningkatkan pendapatan. (ned)