Ranting NU Wonokasian Pagedangan Turen Ziarah Kubur Pahlawan

Foto: Ziarah makam pahlawan dan pembabat alas. (ist)

BACAMALANG.COM – Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengingat jasa besar pahlawan bangsa.

Usai menjalankan upacara HSN (Hari Santri Nasional), Ranting NU Wonokasian Pagedangan Turen Kabupaten Malang, melakukan ziarah kubur di makam pahlawan dan pembabat alas Wonokasian.

“Kami usai menggelar upacara HSN dilanjutkan ziarah ke makam pahlawan. Untuk mengenang dan mengingat jasa para pahlawan. Selanjutnya Kita lanjutkan perjuangan beliau (pahlawan) dan Kita implementasikan dalam bentuk kegiatan yang positif dan produktif dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Pembina IPNU-IPPNU dan kader NU Ranting Wonokasian, Ahmad Rodzi, Kamis (22/10/2020).

Doa Bersama di Makam

Rodzi menuturkan, setelah apel HSN pihaknya melakukan doa bersama di makam pahlawan desa setempat.

“Pagi Kita upacara HSN. Lalu dilanjutkan berdoa bersama di makam. Wonokasian ini juga tanah kelahiran saya,” papar Rodzi.

Rodzi menjelaskan, sesuai protokol kesehatan pihaknya melakukan ziarah melibatkan sekitar 100 orang, dengan menerapkan physical distancing. Turut serta dalam rombongan peziarah Ketua Ranting NU Wonokasian H. Suwandi.

“Selain dimakamkan pahlawan, ada pula sang pembabat alas Wonokasian yaitu Hasan Rejo. Ada juga makam Sarip kepala desa pertama disemayamkan di pemakaman ini. Semoga Kita bisa melanjutkan perjuangan pahlawan dan leluhur Kita untuk memajukan negeri,” pungkas Rodzi. (had)