Wisata Waduk Selorejo Kembali Dibuka, Tawarkan Berbagai Promo dan Pemandangan Alam Asri

Manager Unit Bisnis Pariwisata Selorejo Bayu Pramadya Kurniawan Sakti (wahyu)

BACAMALANG.COM – Malang memiliki banyak sekali taman wisata alam yang indah serta menyuguhkan pemandangan alam yang menawan. Salah satunya adalah Taman Wisata Selorejo. Wisata ini menyuguhkan pemandangan waduk dan pegunungan yang menyejukkan.

Namun, sejak merebaknya pandemi virus Corona pada bulan Maret 2020. Taman Wisata Bendungan Selorejo sempat ditutup untuk umum selama kurang lebih 6 bulan. Akan tetapi, dalam menyambut New Normal dan mendorong perkembangan ekonomi masyarakat, Taman Wisata Selorejo Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang dikelola langsung oleh Perum Jasa Tirta (PJT) I, dibuka kembali dengan mematuhi ketentuan protokol kesehatan.

Menurut Manager Unit Bisnis Pariwisata Selorejo, Bayu Pramadya Kurniawan Sakti, pihaknya telah berusaha bekerja keras hingga mendapatkan sertifikasi kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

“Akhirnya, Taman Wisata Selorejo kembali beroperasi pada tanggal 1 September 2020,” ujarnya.

Wisata Selorejo ini memiliki lahan yang luas, dan aktivitas outbound yang menarik. Di Selorejo juga menawarkan wahana camping yang menyenangkan, apabila membawa perlengkapan sendiri dikenai biaya Rp 30 ribu per orang. Hingga paket lengkap seharga Rp 350 ribu untuk dua orang, meliputi camping, makan malam, api unggun, sarapan pagi, minuman panas, hingga berperahu.

Karena Bendungan Selorejo juga merupakan waduk yang luas, wisatawan dapat mengelilingi waduk dengan menaiki perahu untuk menikmati pemandangan waduk yang eksotis. Paket yang diberikan juga terjangkau. Tersedia paket panjang dan pendek, harga paket pendek Rp 100 ribu per perahu dan harga paket panjang keliling sampai ngantang seharga Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu per perahu.

Taman Wisata Selorejo memaksimalkan aktivitas outdoor. Pihaknya juga menambahkan paket kegiatan sekolah berkuda dengan harga Rp200 ribu, dan kegiatan berkuda tersebut dimulai pukul 09.00 hingga 15.00.

Pengunjung sekolah berkuda akan mendapatkan teori dan praktik. Yaitu: hal-hal yang diperbolehkan dan tidak diperolehkan dilakukan kepada kuda, cara memberi penghargaan pada kuda, mengetahui secara pasti titik-titik sensitif yang tidak boleh disentuh pada kuda, cara membersihkan kuda, cara memberi makan kuda, cara merawat kuda, mengenali kuda lapar dan sakit, manfaat berkuda dan cara berlatih berkuda hingga bisa mengunggangi sendiri.

Menurut Bayu, kegiatan yang paling disukai wisatawan adalah makan ikan bakar sambal menikmati indahnya pemandangan waduk. Dan selama pandemi, pihak pengelola wisata menawarkan promo berupa diskon bagi penghuni hotel dan pengunjung yang melakukan kegiatan di area wisata selorejo. Ia juga menjelaskan perahu dan kuda merupakan milik masyarakat, yang bekerjasama dengan Taman Wisata Selorejo, sehingga taman wisata dan masyarakat saling menguntungkan.(wah/zuk)