Pembinaan Supeltas, Kanit Turjawali : Mereka Mitra Polantas

Foto: Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Batu, Iptu Hariyanto, saat tengah mengatur arus lalu lintas. (Hum)

BACAMALANG.COM – Berbagai program maupun inovasi selalu digelontorkan oleh Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Batu.

Salah satunya adalah pembinaan bagi Supeltas (sukarelawan pengatur lalu lintas). Yang mana Supeltas ini adalah relawan jalanan dan mitra polisi.

Program tersebut diawali pada acara cangkruan bersama, yang diikuti oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kota Batu bersama instansi terkait.

Kanit Turjawali Polres Batu, Iptu Hariyanto mengatakan, dirinya bersama dengan anggotanya telah banyak melakukan hal-hal yang berkaitan dengan Supeltas.

“Ya, terutama masalah dan tata cara pengaturan lalu lintas di jalan, yang mana dalam hal ini dilakukan oleh para Supeltas untuk membantu tugas dari Sat Lantas Polres Batu,” kata Hariyanto sapaan akrabnya, Minggu (23/2/2020).

Hariyanto juga berpesan kepada para Supeltas, agar sedianya kegiatan yang dilaksanakan hanya pada jam-jam tertentu saja.

“Kami jajaran Sat Lantas Polres Batu berpesan pada Supeltas, dalam melaksanakan kegiatannya di waktu tertentu saja, yaitu pada jam dimana para anggota lalu lintas sedang melaksanakan kegiatan lain,” tukasnya.

Hariyanto juga menjelaskan, namun disisi lain, para Supeltas juga mengakui bahwasanya jika keberadaanya memang dilarang.

“Ya, memang tidak memiliki kewenangan dalam mengatur lalu lintas. Alhasil, mereka terpaksa melakukanya. Karena sulitnya untuk dapat mencari pekerjaan,” terangnya.

Hariyanto juga mengimbau sekaligus memberikan pemahaman, supaya dalam menjalankan kegiatannya para Supeltas itu tidak melakukan hal-hal yang merugikan.

“Tujuannya agar tidak melakukan pemalakan atau memaksa pengendara untuk memberi uang,” pungkasnya. (Eko)