HPS Wajak Terancam Tutup, Begini Tanggapan Ketua Pokdarwis

Hutan Pinus Semeru merana. (ist)

BACAMALANG.COM – Wisata Hutan Pinus Semeru (HPS) di Desa Sumber Putih Kecamatan Wajak Kabupaten Malang terancam tutup.

“Wisata HPS saat ini terancam tutup karena sepinya pengunjung. Diharapkan untuk dinas terkait membantu mencari solusi agar wisata Kami ini kembali bisa beroperasi seperti sediakala,” tutur
Ketua Pokdarwis (kelompok sadar wisata) Fathur Rozi Zainul Ansori, Selasa (23/2/2021).

Seperti diketahui, desa ini memiliki wisata Hutan Pinus Semeru yang mempunyai pemandangan eksotis. Wisata yang sempat viral kini seakan sudah tak terdengar lagi gaung suaranya.

Sepi Pengunjung

Wisata HPS dikenal oleh wisatawan sampai ke manca negara yang berkunjung membuat wisata ini banyak didatangi turis. Keindahan alam menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan dan kesunyian di area lokasi menjadikan wisatawan seolah dihipnotis dan merasa betah tidak mau untuk pulang.

Dengan luas tanah 8 hektar, kini wisata yang bernama HPS terancam mati dan tidak ada pengunjung yang berkunjung di area wisata Hutan Pinus Semeru.

Destinasi ini berdiri awal tahun 2017 dengan omset sekitar Rp 500 juta tapi saat ini mengalami penurunan hingga 80 persen.

Dengan harga tiket per orang Rp 5000, sebelum pendemi sudah tidak ada lagi pengunjung karena akses jalan menuju wisata rusak parah .

Kondisi yang memprihatinkan terjadi di wisata tersebut, terlihat banyak fasilitas yang sudah tidak terurus bahkan rusak parah, karena pihak pengelola pun sudah tidak sanggup untuk memperbaiki fasilitas yang sudah ada.

Pengunjung pernah menyarankan, kalau akses jalan selayaknya diperbaiki dan dimungkinkan para wisatawan mau untuk berkunjung lagi.

Warung-warung yang sudah berdiri di area wisata berjumlah 30 warung tapi saat ini yang aktif hanya 3 warung itupun hanya buka di hari-hari tertentu.

Akses Jalan Diperbaiki

Sementara itu, Bambang Purnomo selaku Kades Desa Sumber Putih berharap agar wisata HPS bisa kembali normal sesuai dengan program Kabupaten Malang ingin memajukan wisata yang ada di seluruh Kabupaten Malang.

“Kita menginginkan agar wisata Kami kembali maju lagi,” paparnya.

Ia menambahkan harapannya akses jalan menuju wisata dibuat mulus agar para wisatawan bisa menikmati keindahan jalan menuju wisata HPS.

“Diharapkan pemerintah setempat bisa membantu keluh-kesah terkait potensi potensi wisata yang ada di Kabupaten Malang, untuk kemajuan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (irf/had)