IBU Produksi Hand Sanitizer untuk Masyarakat

Mahasiswa dan mahasiswi IKIP Budi Utomo Malang menunjukkan hand sanitizer hasil produksi mereka (ist)

BACAMALANG.COM – Masker dan hand sanitizer menjadi dua barang yang paling dicari masyarakat saat ini. Di pasaran, kedua barang ini mulai langka.

Jika adapun, harganya melonjak sangat tinggi, bahkan diluar kewajaran. Untuk mengakali kondisi itu, banyak masyarakat yang mulai berinovasi. Seperti dengan meracik hand sanitizer secara mandiri.

Hal itu juga dilakukan mahasiswa di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP Budi Utomo Malang. Para mahasiswa berinisiatif membuat hand sanitizer untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan secara gratis.

Pembuatan hand sanitizer itu dilakukan oleh mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Biologi. Mereka berencana memproduksi 1.000 botol hand sanitizer.

“Kegiatan produksi hand sanitizer itu dilakukan di Laboratorium Biologi IBU Malang. Kegiatan ini juga salah satu bentuk bakti peduli IBU,” kata Rektor IKIP Budi Utomo Malang, H Nurcholis Sunoyeko, Senin (23/3/2020).

Proses peracikan hand sanitizer ala mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang (ist)

Nurcholis pun berharap, ditengah mewabahnya virus corona atau Covid-19, masyarakat harus tetap tenang. Di saat seperti ini, kerjasama merupakan kunci agar bisa menyelesaikan masalah.

“Tentunya kita ingin badai Covid-19 segera berlalu dan kita bisa kembali dapat menjalin silaturahmi tanpa harus merasakan ketakutan, cemas dan lain-lain. Saat ini kebersihan menjadi suatu yang sangat penting. Produksi ini hand sanitizer semoga bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya. (mid/yog)