Drive Thru, Siasat MTsN 6 Malang di Tengah Pandemi

Sistem drive thru yang diterapkan MTsN 6 Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Inovasi unik kembali dihadirkan Madrasah Tsanawiyah Negeri atau MTsN 6 Malang pada masa pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 ini.

Terbaru, sekolah yang berada di Jalan Raya Sukoharjo, Kecamatan Kepanjen ini menghadirkan program drive thru layaknya yang selama banyak diaplikasikan penjaja makanan dan lain sebagainya.

Program drive thru ini mulai dijajal MTsN 6 Malang ketika pembagian rapor pemaparan program kepada wali murid. Wali murid datang dengan kendaraan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Selanjutnya wali murid mengendarai kendaraannya sesuai dengan jalur kelas masing-masing menuju bilik wali kelas.

Penerapan program ini sendiri sama persis seperti layanan drive thru di restoran cepat saji. Bedanya, wali murid memberikan secarik kertas berisi nama lengkap dan kelas siswa kepada wali siswa yang berada di dalam bilik.

Setelah itu, wali murid bisa membawa pulang rapor hasil pembelajaran buah hati mereka.

“Penyampaian paparan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 untuk tahun ini kita lakukan secara drive thru, khususnya bagi orang tua siswa yang berdomisili di dekat madrasah,” kata Kepala MTsN 6 Malang, Sutirjo, Selasa (23/6/2020).

Sutirjo menambahkan, pada pemaparan program itu juga tidak lupa diselipkan motivasi agar anak didik yang kini melaksanakan aktivitas pembelajaran di rumah tidak merasa bosan.

“Mulai dari fokus program pembelajaran pada keselamatan jiwa anak, kesehatan, dan tetap fun belajar. Selain itu, variasi pembelajaran dan bahan ajar yang menitikberatkan pada gerak atau aktivitas siswa untuk menghindari rasa jenuh sehingga diharapkan imun tetap kuat. Hal yang penting untuk suksesnya pembelajaran di masa pandemi Covid-19 adalah kebersamaan sinergi, komunikasi efektif antara madrasah, orang tua, dan siswa,” tandas Sutirjo. (mid/yog)