Terobosan Bapenda Kota Malang Menuju New Normal

Foto: Aktifitas Bapenda Kota Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Masa transisi menuju ‘Kebiasaan Baru’ alias New Normal tak mengendurkan semangat Pemerintah Kota Malang dalam mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2020.

Berbagai upaya, terobosan hingga diskresi pajak dikebut Pemkot Malang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di masa recovery ekonomi ini.

Mulai dari kebijakan relaksasi pajak seperti program Sunset Policy V, pemberian keringanan pajak daerah, peniadaan sanksi atas keterlambatan pelaporan hingga pengunduran masa jatuh tempo PBB Perkotaan.

Kepala Bapenda kota Malang, Ir Ade Herawanto MT menerangkan, Bapenda sepalu mengedepankan tindakan persuasif dalam meningkatkan kesadaran Wajib Pajak, bahkan Bapenda rela mengunjungi tempat usaha bagi Wajib Pajak.

“Kami juga terus mengupayakan tindakan persuasif untuk meningkatkan kesadaran Wajib Pajak. Termasuk mengunjungi usaha-usaha baru sebagai support nyata Pemkot Malang agar sektor bisnis kembali bergeliat dan meningkatkan PAD Kota Malang,” kata Kepala Bapenda Kota Malang, Ir Ade Herawanto MT.

Ade Herawanto yang juga akrab disapa Sam Ade d’Kross menambahkan, dengan dilandasi semangat menyongsong era new normal, terutama pada kegiatan peningkatan kepatuhan Wajib Pajak yang merupakan salah satu program utama dalam pencegahan korupsi di bidang pendapatan dan disupervisi oleh Tim Korsupgah KPK RI Wilayah VI.

Sebelumnya, OPD yang dulu juga dikenal dengan nama Dispenda dan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) ini telah menuntaskan upaya-upaya penyelamatan uang negara dengan menagih tunggakan Pajak Hotel yang diselesaikan hingga tingkat Pengadilan Negeri Malang.

Pemasangan alat perekam atau taping box untuk memperlancar program e-Tax juga terus dilakukan Bapenda ke pengelola-pengelola usaha yang menjadi Wajib Pajak (WP), mulai usaha resto, cafe hingga hotel.

Lebih lanjut, dalam menyongsong era new normal ini, Bapenda telah banyak menyiapkan beberapa terobosan-terobosan guna recovery ekonomi.

“Mulai sekarang sudah kami persiapakan road map strategi dalam menyongsong era new normal pasca revovery ekonomi nantinya,” pungkas Sam Ade d’Kross. (Lis/Red)