Sodikul Amin Jabat Plt Ketua DPRD, DGS Lengser

Sodikul Amin saat menandatangani surat keputusan sebagai Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Didik Gatot Subroto alias DGS akhirnya harus lengser dari kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang.

Untuk mengisi kekosongan sementara, Sodikul Amin ditunjuk sebagai Pelaksana tugas atau Plt. Sodikul merupakan Wakil Ketua DPRD dari Partai Nasional Demokrat.

Sekedar diketahui, DGS harus lengser sebagai Ketua Dewan karena mendapat dari amanah partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020. DGS maju sebagai calon Wakil Bupati Malang, mendampingi HM Sanusi.

Prosesi pemberhentian DGS dilangsungkan melalui rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Rabu (23/9/2020).

“Sebelum paripurna kami jajaran pimpinan DPRD Kabupaten Malang sempat menggelar rapat internal. Dan sepakat menunjuk saya sebagai Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang,” kata Sodikul.

Didik Gatot Subroto didampingi istrinya mendapat kalungan bunga sebagai tanda penghormatan dan perpisahan (Dhimas)

Sodikul sendiri bakal mengemban tugas hingga tiga bulan mendatang, sejak ditetapkan.

“Hingga nanti ditetapkan ketua yang baru secara definitif,” terangnya.

Beberapa waktu lalu, Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah menyampaikan pengganti DGS akan segera diumumkan dalam waktu dekat ini. Secara internal, PDIP masih menggondok siapa yang pantas menggantikan DGS.

“Dalam waktu dekat akan kami umumkan,” ucap Basarah.

Sebagai informasi, jika menilik AD/ART PDIP, yang berpeluang mengisi jabatan Ketua DPRD, selain Ketua DPC adalah Sekretaris ataupun Bendahara yang juga duduk di legislatif. (mid/yog)