Soal Dugaan PNS Selingkuh, Ini Klarifikasi KPU Kabupaten Malang

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Malang memberikan klarifikasi terkait dugaan hubungan gelap yang dilakukan sepasang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) berinisial AP dan HA.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini menyampaikan bahwa benar keduanya berdinas di KPU Kabupaten Malang. Anis pun sudah mengetahui apa yang dialami oleh AP dan HA.

“Ini yang saya lihat lebih ke hubungan suport antar teman kepegawaian. Saya sampaikan adalah ini bukan seperti yang disangkakan, perselingkuhan, karena kan AP punya persoalan sendiri, HA punya persoalan sendiri. Murni hubungan normal, bersosialisasi dalam pekerjaan. Lebih dari itu, saya pribadi bisa pastikan bukan seperti itu (selingkuh). Kalau saya klarifikasi, ini bukan perselingkuhan,” kata Anis, ketika ditemui di kantornya, Senin (24/2/2020).

Anis menambahkan, jika terkait kepegawaian sebenarnya merupakan ranah Sekretaris KPU Kabupaten Malang. Dijelaskannya, sebagai salah satu Komisioner, Anis bertugas sebagai pengawas di internal.

“Garis organisasi di KPU kan ada Komisioner dan Sekretariatan. Ini kan kalau PNS di Sekretariatan, Komisioner kan tugasnya sebagai pengawas internal. Kalau ada masalah SDM di Sekretariatan itu kan memang harus diketahui Komisioner. Ya saya tahu,” ucapnya.

Mantan bankir ini juga menyampaikan, jika ada perkara yang mencuat seperti sekarang, Anis lebih mengedepankan dialog. Dia menjelaskan, tidak melulu langsung diberikan punishment, tetapi yang bersangkutan bakal diklarifikasi dan diperingatkan terlebih dahulu.

“Ya tetap kalau normatif, kalau ada persoalan ya kita klarifikasi. Cenderung dialog dari hati ke hati. Cenderung dicari solusinya. Ini sudah saya sampaikan seobjektif mungkin dari kacamata saya,” tukasnya. (mid/yog)