Awas Hoaks Covid-19! Polres Malang Bakal Tindak Tegas

Kapolres Malang didampingi Kasubbag Humas dan Kasat Narkoba saat memberikan keterangan kepada wartawan (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Masyarakat tidak hanya dibuat resah oleh pandemi Coronavirus disease atau Covid-19. Mereka juga dibuat resah dengan banyaknya informasi bohong atau hoaks yang beredar.

Seperti yang terjadi Kecamatan Gondanglegi belum ini. Masyarakat dibuat resah dengan pesan berantai di aplikasi pesan singkat WhatsApp, yang menyebutkan adanya seorang warga terjangkit Covid-19 dan dirawat di Rumah Sakit Islam Gondanglegi.

“info corona sudah masuk gondanglegi di RSI sudah ada yg kena virus corona korban y tukang parkir RSI..#semoga diberi kesabaran dalam menghadapi virus corona mas bagus fajar,” begitu isi pesan berantai itu.

Tangkapan layar informasi hoaks yang beredar melalui pesan singkat WhatsApp di Gondanglegi (ist)

Hal itu kemudian dibantah oleh pihak RSI Gondanglegi. Melalui akun Instagram resmi RSI Gondanglegi, ditegaskan bahwa informasi yang beredar itu adalah bohong alias hoaks.

“HATI-HATI, jangan tertipu di media sosial ya. Mengingat situasi dan kondisi saat ini, segala informasi yang beredar di media sosial khususnya yang berhubungan dengan virus Covid-19, harap mengecek terlebih dahulu mengenai kebenarannya,” tulis akun Instagram rsigondanglegi, seperti dikutip, Selasa (24/3/2020).

Mengenai banyaknya hoaks yang beredar ini, Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar menyatakan bahwa sesuai dengan undang-undang yang berlaku, pihaknya bakal menindak tegas siapapun yang dengan sengaja membuat informasi bohong dan membuat masyarakat resah.

“Dalam langkah berita hoaks sudah jelas, kalau misalnya ada kita temukan, satu akun yang menyampaikan berita-berita tidak benar sifatnya, kita akan tindak tegas. Kita akan lakukan penangkapan, kita akan lakukan patroli, untuk mencari akun tersebut. Sudah ada beberapa penindakan juga yang dilakukan Mabes Polri,” tegas Hendri. (mid/yog)