Dr Sri Untari Dorong Pemda di Malang Siapkan RS Khusus untuk Covid-19

Foto : Dr Sri Untari. (ist)

BACAMALANG.COM – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Dr. Sri Untari MAP, mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten di Malang memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khusus, sehingga kalau ada persoalan penangganan kasus seperti Covid 19 ini, tidak lagi bergantung dengan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA).

“Saya mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten Malang, punya RSUD yang memadai, dan memiliki kapasitas besar untuk menanggulangi persoalan Covid 19,” tutur Sri Untari.

Menurut dia, jumlah penduduk di Malang Raya sangat banyak, dengan tingkat kerawanan tertular Covid sangat tinggi. Bahkan jumlahnya terbesar di Jatim, harus didukung untuk menyiapkan pelayanan terhadap suspect Corona.

“Kita belum tahu, masih berapa banyak lagi suspeck Corona, yang jelas di Malang raya, sudah ada yang positif, ini penangananya harus disiapkan,” imbuhnya.

Penanganan Covid-19 di Malang, menurut Wanita yang juga ketua Dekopin Pusat itu, menjadi tanggungjawab bersama, makanya diperlukan gotong-royong semua pihak untuk memotong mata rantai penyebaran penyakit yang mematikan tersebut.

Pemkot Malang dan Pemkab Malang, harus didukung sepenuhnya agar bisa menyiapkan tempat dan fasilitas bagi masyarakat yang terpapar Covid 19. Memang lanjutnya, untuk menangani Covid 19 ini, dibutuhkan anggaran besar. Menurut dia, anggaran tersebut bisa disiapkan dari anggaran darurat, melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) mendahului.

“Prinsipnya harus ada jaminan bagi masyarakat agar tetap tenang. Kami mendorong dua Pemda segara menyusun oprasi penyelamatan warganya,”tukasnya.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, adalah edukasi kepada masyarakat, agar ikut mendukung pencegahan Covid 19, dengan tetap diam dirumah.

“Edukasi terus digencarkan , masyarakat harus mendukung dengan tetap diam dirumah, menerapkan pola hidup sehat, berolahraga, tidak bergerombol, tidak melakukan perjalanan jika tidak mendesak. Intinya untuk penanganan Covid 19, harus saling memahami ketentuan yang diberikan oleh pemerintah,” tukasnya.

Sri Untari, juga menyampaikan terima kasih kepada semua relawan yang sudah terpanggil untuk ikut ambil bagian dalam penanganan Covid-19. (Hum/Yog)