Polres Batu Bubarkan Masyarakat yang Masih Nekat Berkerumun, Cegah Penularan Covid-19

Foto: Beberapa pemuda yang kedapatan bergerombol disemprot cairan desinfektan di seputaran Alun-alun Kota Batu, setelah sebelumnya diberikan pengarahan untuk tidak berkerumun. (Eko)

BACAMALANG.COM – Dalam rangka pencegahan dan penyebaran virus Corona (Covid-19), Polres Batu menggelar operasi gabungan yang digelar di beberapa titik di seluruh wilayah hukum Polres Batu, Senin (23/3/2020) malam.

Polres Batu membubarkan masyarakat yang masih nekat berkerumun, nongkrong, menggelar acara dan atau mengundang orang banyak.

Tindakan tegas itu dilakukan, sebagai upaya preventif untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kota Batu.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK mengatakan, dalam operasi malam ini personel kepolisian di seluruh Indonesia, melakukan patroli untuk mencegah masyarakat yang masih berkerumun atau berada di keramaian.

“Maklumat dari Bapak Kapolri untuk melarang massa yang berkumpul atau berkerumun. Operasi ini Kepolisian Polres Batu di-back up TNI, Satpol PP, BPBD, Pemerintah Daerah, dan stakeholders lainnya. Semua bekerja sama untuk mementingkan keselamatan masyarakat Kota Batu,” kata Harvi sapaan akrabnya, usai menghadiri Teleconference bersama Walikota Batu kepada awak media.

Ditempat terpisah, sementara itu, Wakapolres Batu Kompol Suharsono mengatakan, bahwasanya operasi tersebut digelar pada malam ini, hingga mendatang.

“Operasi itu bisa diperpanjang berdasarkan situasi yang berkembang nantinya. Adapun semua jajaran Polda, Polres, dan Polsek di seluruh Indonesia pun telah melakukan operasi tersebut,” ujarnya.

Dalam operasi itu, lanjut dia, Polres Batu melakukan pendekatan secara humanis dan memberikan himbauan kepada masyarakat yang kedapatan masih melakukan kerumunan. Dan membantu melakukan desinfeksi pada fasilitas umum dan publik.

“Target sasaran kami di cafe-cafe, warung, Alun-alun, Jalibar, Junrejo dan Bumiaji. Dalam hal ini, Polres Batu mengawal dan mendukung penuh kebijakan Pemerintah Kota Batu dalam menangani penyebaran dan penularan Covid-19,” terang dia.

Pantauan BACAMALANG di lokasi, beberapa pemuda di area seputaran Alun-alun Kota Batu dan Jalibar tak luput jadi sasaran. Sebab, mereka kedapatan bergerombol hingga di semprot dengan menggunakan cairan desinfektan, itu setelah sebelumnya diberikan himbauan untuk tidak berkerumun.

Mantan Direktorat Reserse Narkoba (Ditnarkoba) Polda Jatim ini juga mencontohkan kepada masyarakat, tentang penerapan kebijakan itu di lingkungan Polri, seperti pola hidup sehat, pemeriksaan suhu, desinfeksi di kantor kepolisian, penggunaan masker, hand sanitizer, dan menjaga social distancing.

“Tak sedikit kepolisian di daerah melakukan kreasinya untuk lakukan operasi kemanusiaan tersebut, seperti di Mapolres Batu dengan penyemprotan desinfektan beberapa hari yang lalu. Ini adalah langkah konkret yang kami lakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona,” pungkasnya. (Eko(