KKI Digelar, Ini Harapan Wali Kota Malang

Foto: Walikota H Sutiaji (dua dari kanan) dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan A. (paling kiri) saat meninjau salah satu peserta pameran KKI di Hotel Santika Malang, Rabu (24/3/2021)

BACAMALANG.COM – Wali Kota Malang Sutiaji berharap gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) bisa mendorong UMKM memulihkan keadaan ekonomi.

Hal ini disampaikan saat menghadiri event Karya Kreatif Indonesia Seri I Tahun 2021 yang diadakan Bank Indonesia Malang.

“Kita bisa memenangkan pasar global jika kita punya inisiatif dan kreatif, dengan terus membangun sinergi diantara kita semua. Ini yang kita butuhkan,” tegas Wali Kota Sutiaji, Rabu (24/3/2021).

Menurutnya, di masa pandemi, sinergitas antar lembaga menjadi kunci dalam upaya pemulihan ekonomi daerah maupun nasional, khususnya dalam pengembangan sektor UMKM yang memiliki andil besar terhadap perekonomian Indonesia.

“Sesuai dengan komitmen kami di tahun 2021 dan 2022, sektor ekonomi kreatif akan kita angkat, terlebih pemulihan ekonomi ini, termasuk di dalamnya penguatan UMKM,” ungkapnya.

Dukung Gernas BBI

Menurut Walikota, kegiatan ini memiliki andil dalam menyukseskan Instruksi Presiden atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI). Sekaligus sebagai upaya mendorong globalisasi UMKM serta meningkatkan daya saing produk.

“Ini merupakan upaya mewujudkan cinta produk Indonesia. Nanti kita juga harus menjaga kualitas produk-produk Indonesia yang harus sejajar dengan produk-produk yang lain. Bukan hanya kualitas tapi secara harga kita juga bersaing,” tegasnya.

Pemerintah Kota Malang sendiri tengah berupaya mendorong pertumbuhan UMKM melalui pemberian edukasi dan literasi kepada pelaku UMKM dengan memberikan berbagai pelatihan. Memfasilitasi UMKM Kota Malang untuk memasarkan produknya melalui aplikasi yang disediakan oleh LPSE, maupun BEJO; market place yang disediakan oleh Pemprov Jatim.

Termasuk memasarkan produk melalui showroom Dekranasda yang tengah merangkul lebih dari 600 UMKM di Kota Malang. Hingga memberikan kemudahan perizinan melalui melalui Diskopindag Kota Malang, seperti izin Sertifikasi Halal, Merek, dan Uji Nutrisi.

Meninjau stand produk

Pada akhir acara KKI Seri I Tahun 2021, Walikota Sutiaji, didampingi Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan, dan Kepala OJK Kota Malang, Sugiarto Kasmuri, serta Kepala Diskopindag Kota Malang, Muhamad Sailendra, melihat langsung produk dari 18 UMKM yang dipamerkan pada kegiatan tersebut.

Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan,memberikan apresiasinya. Pihaknya berharap event KKI ini mampu mendorong peningkatan kredit perbankan untuk penyaluran UMKM.

“Pada kegiatan pameran fisik ini diikuti oleh 18 UMKM baik dari Binaan BI maupun ada sebagian dari binaan Dekranasda. Kami sampaikan terimakasih kepada Dekranasda telah berpartisipasi di dalam kegiatan ini,” ujar Azka Subhan, (*/had)