Bersama TNI-Polri, Pemkot Batu Canangkan Pelaksanaan Inpres RI

Foto: Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko., M.Si, saat diwawancarai awak media usai menghadiri pencanangan pelaksanaan Inpres Nomor 6 Tahun 2020. (Eko Sabdianto)

BACAMALANG.COM – Pencanangan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020, tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dilaksanakan di Kota Batu.

Kegiatan yang bertempat di Alun-alun Kota Batu ini dihadiri oleh Walikota Batu, Wawali Batu, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Pabung beserta Muspika, Senin (24/8/2020) sore.

Hal ini dilakukan, bertujuan agar warga masyarakat di Kota Batu dapat mematuhi semua anjuran dari Pemkot Batu yang mengacu kepada Inpres terkait dengan Protokol Kesehatan, khususnya dalam pemakaian masker dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Menurut Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si, hal ini dilakukan agar warga masyarakat Kota Batu patuh dan taat, dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Ya, dengan diterbitkannya Inpres ini bertujuan agar warga masyarakat Kota Batu disiplin, dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas diluar. Selain itu, juga harus diimbamgi dengan cara berolahraga secara teratur, agar stamina tubuh tetap terjaga,” kata Budhe kepada awak media.

Politisi PDIP ini menegaskan, bila ada warga masyarakat Kota Batu yang tidak patuh akan penerapan terkait dengan protokol kesehatan, khususnya dalam penggunaan masker, maka bakal diberikan sanksi.

“Salah satu sanksinya adalah peringatan dahulu, baik secara lisan maupun tertulis. Selain itu kalau pribadi bisa penyitaan KTP. Dan jika ada toko atau warung yang karyawannya tidak memakai masker, maka akan kami tutup atau izinnya dicabut,” tegas dia.

Mantan None Jakarta ini menambahkan, bagi warga masyarakat penerima bantuan BLT atau ADD yang tidak memakai masker, maka konsekwensinya langsung dicoret dari daftar penerima dan tidak bakal dibantu.

“Kami (Pemkot Batu) akan mencoret bagi warga masyarakat yang tidak mematuhi akan protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker dari penerima bantuan. Mulai dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Anggaran Dana Desa (ADD),” imbuhnya.

Bentuk ketegasan itu, lanjut Budhe, karena sejak awal telah disampaikannya disiplin adalah vaksin.

“Karena, selama ini kami juga sudah turun ke jalan dengan memberikan peringatan kepada warga masyarakat Kota Batu. Akan tetapi, tetap saja persentase dari jumlah yang memakai masker ternyata masih rendah,” ungkap dia.

Istri Eddy Rumpoko ini berharap, dengan diterbitkannya Inpres tersebut, agar warga masyarakat di Kota Batu sadar dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas diluar.

“Dengan diterbitkannya Inpres ini, karena sesuai dengan apa yang telah diucapkan oleh Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, agar semua bagi yang melakukan aktivitas diluar, untuk selalu memakai masker dengan benar,” pungkasnya. (eko/red)