Diduga Korsleting, PT Unirama Duta Niaga di Karangploso Kebakaran

Foto: Kebakaran pabrik popok di Karangploso. (ist)

BACAMALANG.COM – Diduga dipicu adanya hubungan arus pendek (korsleting), gudang distributor popok di Jalan Raya Karang Ploso, Kabupaten Malang terbakar, Kamis (24/9/2020).

“Diduga penyebabnya adalah hubungan arus pendek atau korsleting,” tandas
Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Goly Karyanto.

Goly menuturkan, untuk pemadaman dikerahkan belasan mobil PMK. “Untuk pembasahan, kami menerjunkan 12 unit Damkar. 5 dari PBK Kabupaten Malang, 3 unit Damkar Kota Malang, 1 unit damkar milik Bentoel, 1 unit damkar milik Grendel, dan 1 unit milik PBBD, dan mobil tangki suplai air dari PDAM dan pertamanan,” papar Goly.

Sekilas info, asap hitam membumbung ke langit, si jago merah melalap gudang PT. Unirama Duta Niaga yang juga merupakan pabrik popok merk Mamypoko, di Jalan Raya Karang Ploso, Kabupaten Malang. Api diketahui muncul sejak 10.70 WIB.

Kobaran api melahap beberapa bagian pabrik, api besar pun meluluh lantahkan atap dan bagian samping pabrik hingga roboh. Beberapa karyawan sempat ketakutan, sebagian juga memvideokannya.

Komandan Utama Relawan Malang Esteanget, Akhwan Afandi mengatakan, dari kebakaran 1 gedung bagian gudang habis terbakar.

“Untung saja tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam tragedi kebakaran ini. Lalu untuk kerugian materil masih berkoordinasi dengan PMK Kabupaten Malang,” terang Aphan panggilan akrabnya.

Distributor Popok

Goly, mengungkapkan, gudang yang terbakar merupakan distributor Popok dan Kosmetik. “Gudang ini merupakan distributor Popok dan Kosmetik, hingga saat ini petugas masih melakukan pemadaman,” tandasnya.

Peristiwa kebakaran membuat arus lalu lintas di dua jalur terganggu, dan menimbulkan kemacetan. Sebagian gedung rusak dan ambruk dilalap api. Karyawan juga tampak tergepoh-gopoh menyelamatkan berkas-berkas yang ada di dalam kantor. (*/had)