Lestarikan Lingkungan, ATF Tanam Ratusan Pohon di Kota Batu

Foto: ATF Tanam Ratusan Pohon di Kota Batu. (ist)

BACAMALANG.COM – Peduli akan perjuangan untuk pelestarian lingkungan, Among Tani Foundation (ATF) menjalankan penanaman ratusan pohon di kawasan Cafe de Kleine, Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, Kamis (24/09/2020)

“Pohon yang kita tanam hari ini, demi menjaga lahan agar tidak erosi dan sekaligus untuk menabung air tanah,” tutur tokoh masyarakat, Agus Sugiarto, S.H. P yang juga owner pusat kuliner Stasiun Corner ini.

Penyelamatan Sumber Daya Hayati

Sekilas informasi, kota Batu terkenal memiliki pesona alam yang indah. Hampir seluruh area memiliki tanah subur dan memiliki kekayaan alam begitu melimpah.

Among Tani Foundation menggagas sebuah langkah konkrit, sebagai upaya pemeliharaan dan penyelamatan sumber daya hayati, melaksanakan aksi tanam ratusan pohon bersama unsur pemuda dan masyarakat peduli lingkungan.

Aksi bertajuk Ayo Menanam Pohon ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional didukung oleh Among Tani Foundation Group dan Dekan Fakultas Pertanian UB.

Pada kesempatan yang sama, Kades Oro-aro Ombo, Wiweko ikut memberikan sambutan. “De Kleine sebagai salah satu wisata kuliner yang memanfaatkan potensi alam dan sebagai daerah penyangga sumber mata air, aksi tanam pohon itu sebagai bentuk kepedulian masyarakat sehingga alam tetap terjaga kelestariannya,” terangnya.

Edukasi Masyarakat

Sementara itu, Direktur SDM Among Tani Foundation Ali Akbar, ST mengatakan bahwa aksi ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian pada kelestarian lingkungan dan juga mendorong kesadaran masyarakat dimasa mendatang.

“Ini adalah sebuah ikhtiar merawat alam dan upaya edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menanam pohon,” paparnya.

Ali menegaskan bahwa pihaknya selaku penggagas aksi tanam pohon, melangsungkan kegiatan dengan protokol kesehatan.

Undangan yang hadir terdiri dari tokoh masyarakat, hadir juga Kepala Dinas Pariwisata & PLT Kadis Lingkungan Kota Batu, Kepala Desa Oro-oro Ombo sekaligus membuka kegiatan, Kades Pandanrejo, dan undangan lainnya tetap wajib mengikuti serta menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. (*/had)