Polres Malang Luncurkan Suket Teki, Bikin SKCK dan Surat Kehilangan Lebih Gampang

Kapolres Malang didampingi Kasat Intelkam Polres Malang saat meluncurkan mobil layanan Suket Teki (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Polres Malang meluncurkan layanan anyar yang dinamakan Suket Teki. Suket Teki merupakan akronim dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan Surat Keterangan Kehilangan.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar mengatakan, kehadiran layanan terbaru ini bakal memudahkan masyarakat. Layanan Suket Teki nantinya bakal menyasar seluruh wilayah hukum Polres Malang.

“Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada Sat Intelkam, yang berinisiatif membuat inovasi terbaru dalam pembuatan SKCK dan Surat Keterangan Kehilangan online. Nantinya, mulai hari ini dilaksanakan di jajaran Polres Malang,” kata AKBP Hendri Umar, dalam apel peluncuran Suket Teki di lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang, Kamis (24/9/2020).

Hendri menambahkan, seperti diketahui, wilayah Kabupaten Malang sangatlah luas. Maka dari itu, terobosan dan inovasi yang dihadirkan Sat Intelkam Polres Malang sangat tepat.

“Saya lihat ini suatu yang luar biasa. Kita melihat Kabupaten Malang merupakan wilayah kedua terluas di Jawa Timur, dengan penduduk hampir tiga juta jiwa. Kebutuhan masyarakat akan pentingnya SKCK untuk sekolah, mencari pekerjaan dan lainnya. Begitu juga surat kehilangan untuk yang digunakan, mungkin, untuk membuat KTP baru. Kita semua menyadari, dengan adanya SKCK dan surat kehilangan online semakin memudahkan masyarakat,” terangnya.

Terakhir, Kapolres kelahiran Solok Sumatera Barat menyampaikan, tugas kepolisian adalah memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Ada kendaraan yang sudah kita siapkan untuk hadir di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Tugas kepolisian adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Percuma kita melakukan kegiatan-kegiatan tanpa diimbangi pelayanan terbaik kepada masyarakat,” Hendri mengakhiri.

Sementara, Kasat Intelkam Polres Malang, Iptu Muhammad Riza Rahman menjelaskan, Suket Teki bakal beroperasi setiap hari. Hari minggu pun, Suket Teki akan memberikan layanan kepada masyarakat.

“Kalau Polres yang lain hanya menghadirkan layanan perpanjangan SKCK saja, Suket Teki ini kami rangkai dalam pelayanan pembuatan SKCK baru. Hari minggu kita tetap beroperasi,” ucap Riza. (mid/yog)