Bertahan di Tengah Pandemi, Band MIKA Rilis Live Session

Personel band mika (ist)

BACAMALANG.COM – Di tahun 2020 sudah banyak hal yang terjadi, musim pagebluk seperti ini juga menimbulkan beberapa macam pengaruh. Mulai dari konflik politik yang memanas, himbauan penutupan semua bidang usaha, pendidikan secara daring dan kegiatan perkantoran yang dibatasi serta aktivitas musisi band yang tidak dapat mengadakan pertunjukan secara langsung.

Saat ini, banyak musisi mengadakan pertunjukan mereka secara online, dan beberapa lainnya juga melakukan secara langsung dengan memtuhi protokol yang sangat ketat. Sebuah band bernama MIKA asal Kota Malang, berhasil menggelar acaranya secara offline pada 10 Oktober 2020 lalu bertajuk “Secret Showcase” dengan mematuhi peraturan protokol kesehatan yang ketat.

Band beraliran post-harcore yang ini berhasil mempertahankan eksistensinya di era musik yang random saat ini dan segmen musik yang terus berubah. Pada hari ini, band ini akan menghadirkan kembali acara “Secret Showcase” berupa rilisan digital, dengan tujuan menampilkan kembali live session acara kepada teman-teman yang tidak berkesempatan hadir dalam acara tersebut. Tak hanya itu perilisan ini bertepatan menyambut hari raya natal 2020.

“Selain menyambut hari raya natal di tahun 2020 sebenarnya kami juga membuat video live session ini untuk teman-teman yang tidak mendapatkan tiket di Secret Showcase yang diselenggarakan bulan Oktober kemarin,” ungkap Vokalis MIKA, Nanda.

Pada 10 Oktober 2020 adalah hal yang istimewa bagi band ini, MIKA mengadakan acara tunggalnya berkolaborasi dengan pianis muda bernama Rani dan harmoni vocal bernama Monika Yurike. Pelaksanaan membatasi jumlah pengunjung yang sejalan dengan mematuhi protokol kesehatan. Dalam perilisan digital berupa live session set ini, video diunggah di plaform Youtube pada tanggal 24 Desember 2020 pukul 19:00. MIKA akan menyuguhkan kualitas video yang detail hingga kualitas audio yang terbaik. Guna disajikan khusus untuk penonton setia band Post-Hardcore satu ini.

“Konsep ini sebenarnya sudah menjadi jadwal campaign MIKA di awal tahun 2020 ini, tetapi pandemi ini menjadikan semua jadwal dan rencana kami mundur. Semoga live session ini bisa sampai tahun depan membuat teman-teman di sekitar kami semangat dalam hal konsistensi.” ujar Baim Gitaris MIKA.

Personil MIKA

Nama MIKA sendiri bukan sekedar nama yang muncul begitu saja, namun bagi vokalis MIKA Rizky Ananda Arif, nama MIKA juga memiliki cerita yang panjang dan mendalam. MIKA sendiri adalah menggambarkan seseorang perempuan yang pernah bertemu dengan Nanda dan meninggalkan kenangan yang sangat istimewa.

Selama pembentukan band ini, beberapa kali terjadi pergantian personil band hingga melahirkan anggota yang solid. Anggota tersebut yaitu adalah, Rizky Ananda Arif sebagai Vocal, Syith Ibrahim Idris sebagai Gitar 1, Ramadhan Kautsar sebagai Gitar 2, Ari Dwi Rizky sebagai Bass dan Bogi Pranada Satyagama sebagai Drum. harapan MIKA kedepan yakni memiliki cerita kehidupan yang mewakili orang di sekitar lingkungan MIKA sendiri.(wah/zuk)