Cari Delegasi Munas, DPC Peradi Malang Adakan RACT dan RACK

Foto : Ketua Pelaksana Kegiatan dan Ketua DPC Peradi Malang. (yog)

BACAMALANG.COM – Selain mengadakan kegiatan membahas kegiatan tahunan dan laporan keuangan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Malang juga mencari delegasi yang akan mengikuti Munas (Musyawarah Nasional) di Surabaya pada 30-31 Maret 2020 nanti.

Hal ini dikatakan Ketua DPC PERADI Malang, Dian Aminudin kepada awak media, Selasa (25/2/2020).

“Kami mengadakan rapat membahas kegiatan tahunan dan laporan keuangan, juga mencari delegasi yang akan mengikuti Munas (Musyawarah Nasional) di Surabaya pada 30-31 Maret 2020 nanti,” tegas Dian Aminudin.

Dian Aminudin menuturkan, pihaknya mengadakan agenda Rapat Anggota Cabang (RACT) 2020 dilanjutkan Rapat Anggota Cabang Khusus (RACK) persiapan menghadiri Munas ke-3 yang diadakan di Surabaya 30-31 Maret.

” Jadi yang pertama itu tadi rapat tahunan itu membicarakan membahas soal masalah kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DPC dan laporan terkait keuangan,” jelas Dian.

Ia menguraikan, untuk (RACK) itu dalam rangka menentukan siapa calon yang diusung DPC Peradi Malang dalam dalam Munas ke 3 di Surabaya.

“Pertama, menentukan siapa calonnya kemudian siapa saja yang menjadi utusan dari DPC Peradi Malang,” tegas Dian.

Diungkapkannya, yang jelas karena salah satunya tadi menentukan siapa yang menjadi utusan dari DPC Peradi di Malang, maka syaratnya dia adalah anggota DPC Peradi Malang.

Dijelaskannya, khusus untuk anggota yang baru pembekalan akan digelar agenda tersendiri biasanya setelah pengangkatan sumpah di Surabaya langsung ada pembekalan dari DPC DPC se-Jawa Timur dijadikan satu.

Dikatakannya, ketika sudah daftar di Malang, nanti biasanya diadakan acara penerimaan, tapi tidak harus yang terlalu gebyar.

Sementara, Ketua pelaksana Kegiatan RAC DPC PERADI Malang, Husain Tarang mengatakan tanggal 25 Februari 2020 direncanakan diadakan dua agenda.

Pertama, adalah Rapat Anggota Cabang Tahunan (RACT) membahas tentang program-program kerja untuk tahun 2020 maupun evaluasi program kerja sebelumnya berupa laporan pertanggungjawaban dari ketua DPC.

Kemudian untuk RACK adalah membahas mengenai putusan yang akan mewakili dari 15 anggota itu diwakili oleh 1 anggota yang mempunyai suara di Munas.

“Jadi nanti di acara RACK itu kita akan memilih dan menentukan calon yang sudah kita sepakati. Ini kan hak konstitusi anggota. Jadi kalau misalnya kita jawab sekarang enggak layak dan kurang tepat. Enggak enak kita sebagai panitia. Ya nanti akan kita bahas siapa nanti calonnya dan muncul berapa calon nanti di dalam rapat anggota,” ungkap Husain Tarang.

Husain mengatakan giat RAC ini sebagaimana diamanatkan Anggaran Dasar yang minimal sekali dalam setahun harus dilaksanakan.

“RAC ini merupakan kegiatan rutin tahunan, kami akan bahas program kerja DPC PERADI Malang yang sudah dilakukan maupun langkah-langkah ke depan, terutama mengenai program kerja yang akan datang,” pungkas Husain. (yog/had)