Tinjau Longsor Muharto, Wali Kota Imbau Warga Waspada

Foto : Wali Kota tinjau lokasi longsor di Muharto. (Hum)

BACAMALANG.COM – Adanya longsor di kawasan Muharto Kota Malang, yang mendapat atensi dari Walikota Malang yang melakukan kunjungan ke lokasi pada Selasa (25/2/2020) siang. Dalam kesempatan ini, Sutiaji juga memberikan himbauan kewaspadaan kepada warga.

“Saya menghimbau pada masyarakat khususnya yang rumah tinggalnya berada di area bantaran sungai untuk berhati-hati dan terus waspada; segera laporkan jika terjadi longsor ataupun banjir,” tandas Wali Kota Malang, Sutiaji.

Seperti diketahui, Wali Kota Malang H. Sutiaji didampingi Sekda Kota Malang Wasto, Camat Kedungkandang Donny Sandito serta Kabag Humas Widianto meninjau langsung plengsengan Sungai Brantas yang berada di Jalan Muharto Gang V B RT 3 RW 9 Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang ambrol.

Wali Kota Sutiaji juga memberikan arahan kepada para petugas dari BPBD serta Satgas DPU Perkim Kota Malang yang ada di lapangan untuk segera melakukan tindakan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

Dikatakannya, karena sudah berada di sepadan sungai dan sudah berpuluh-puluh tahun ditempatin di sini, maka diharapkan kesadaran masyarakat untuk buang limbah rumah tangga tidak di sungai. Apalagi kalau limbah rumah tangga agak keras, bisa mengikis tanah, plengsengan pun bisa terkikis.

Terkait penindakan longsornya plengesengan di rumah warga Muharto, ia mengungkapkan jika sementara ini akan dipasang Sesek.

“Sementara kedaruratan pemasangan dipasang sesek. Supaya tidak kena air, nanti pakai terpal, skenarionya seperti itu,” pungkasnya.

Longsor kali ini, lanjutnya, adalah longsor terbesar yang akhir-akhir ini terjadi di Kota Malang; hal ini disebabkan karena curah hujan yang semakin tinggi di bulan Februari 2020 ini.

Selain itu, tindakan pencegahan juga harus terus dilakukan; salah satunya adalah dengan meningkatkan kesadaran untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. (hum/had)