Pelantikan Ketua Korwas Baru, Melawan SK Kadindik Jatim?

Foto: Proses pelantikan Ruang Tata Usaha Kantor Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Jalan Simpang Ijen no. 2 Kota Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Pelantikan Ketua Korwas baru se-Kabupaten Malang, terkesan melawan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Hal ini bisa dikategorikan melawan atasan.

Menurut salah sumber yang enggan disebutkan namanya, pengangkatan Titik sebagai Ketua Korwas baru, Titik, sangat menyalahi aturan yang ada terutama bertentangan dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor : 188.4 /4820/101.5/2020 tentang koordinator pengawas sekolah dinas pendidikan provinsi Jawa Timur periode tahun 2020 – 2023.

Salah satu pengawas Kabupaten Malang menambahkan, dalam pemilihan Ketua organisasi Korwas sesuai regulasi yang ada. “Korwas itu dipilih pengawas se-Kabupaten Malang, sudah disahkan oloh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur,” terangnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, juga hadir dalam acara pelantikan di Ruang Tata Usaha Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Jalan Simpang Ijen no. 2 Kota Malang.

Untuk diketahui, sebelumnya sudah ada pemilihan dengan kandidat Mujiono, Titik dan Mulyono. Terpilihlah Mujiono, akan tetapi seminggu lalu Titik yang tidak lolos sebagai ketua korwas, dinobatkan Kacabdin sebagai Ketua Korwas baru.

Dalam hal ini, Kacabdin terkesan melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Hukuman disiplin ini terdiri atas hukuman disiplin ringan, hukuman disiplin sedang, dan hukuman disiplin berat.

Arif Khamzah, Msi, Kacabdin Kabupaten Malang membantah dugaan melawan atasannya karena ini wewenang atau wilayah Cabdin.

“Kebijakan Kacabdin itu bukan jabatan struktural, itu tugas tambahan yang di berikan kacabdin untuk melakukan koordinasi di lingkungan pengawas di Cabang Dinas, bukan provinsi,” tandasnya.

Mengenai SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang itu, kumpulan nama korwas yang ada di seluruh Cabang Dinas se-Jawa Timur berdasarkan laporan dari Kacabdin bahwa Kacabdin telah memberikan tugas tambahan Korwas kepada salah satu pengawas di lingkungan Cabang Dinas.

Pria ini juga mengelak terkait pemilihan Ketua Korwas baru akan ada dua matahari baru atau dua pimpinan, yakni Korwas dibawah kepemimpinan Mujiono atau Titik. “Ya gak bisa Mas, harus satu. Semuanya sudah dipertimbangkan,” ungkapnya. (yon/red)