Dampak Covid-19, Warga Peduli AIDS Turen bagikan Sembako kepada ODHIV

Foto : Warga Peduli AIDS Turen bagikan Sembako. (ist)

BACAMALANG.COM – Dampak wabah Corona Virus Disease atau yang dikenal dengan Covid-19 semakin mengkhawatirkan termasuk berdampak kepada ODHIV atau Orang dengan status HIV positif.

“Kegiatan bagi sembako ini sebagai bentuk kepedulian Warga Peduli AIDS (WPA) Turen untuk gotong royong saling membantu serta meringankan beban teman-teman ODHIV di tengah situasi Covid-19 ini,” terang Ketua WPA Turen, Tri Nurhudi Sasono ,M.Kep. Sabtu (25/4/2020) di Shelter Rumah Singgah ODHA Talok, Turen, Kabupaten Malang.

Seperti diketahui, status HIV positif yang sangat rentan dan daya tahan tubuh menurun dapat berdampak resiko yang lebih besar terhadap penularan Covid-19 ini.

Selain itu dihimpun dari data WPA Turen ada 59 ODHIV yang tergabung di Yayasan sebagian besar memiliki mata pencaharian yang terdampak Covid-19 ini seperti pedagang, petani, wiraswasta dan buruh pabrik.

Selain itu, nama-nama ODHIV WPA Turen ini sebagian besar memang belum masuk database BDT (Basis Data Terpadu) sebagai penerima bantuan sosial dari Pemerintah sehingga pengurus Yayasan berinisiatif membantu berupa paket sembako walaupun jumlah paketnya tidak banyak.

Disamping itu juga diberikan bantuan Paket Sembako, Masker dan Flyer Edukasi tentang Covid-19 oleh Tim Sosiologi Universitas Brawijaya. Tim yang diwakili oleh Ibu Uca Dosen Sosiologi Fakultas FISIP UB ini menyatakan berterima kasih sekali kepada WPA Turen telah bekerjasama dalam membantu teman-teman ODHIV yang terdampak Covid-19.

“Harapannya melalui kegiatan ini mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kualitas hidupnya berkelanjutan sehingga stabilitas ekonomi masing-masing tetap terjaga,” terang Uca.

Yayasan WPA Turen memfasilitasi bagi para donatur atau komunitas yang berkeinginan kerjasama untuk membantu saudara-saudara kita bisa dalam bentuk uang, masker, hand sanitizer, paket sembako dan paket ramadhan serta persiapan hari raya idul fitri ataupun lain-lainnya.

Bantuan bisa datang langsung ke Shelter Rumah Singgah ODHA di Jl. KH Wahid Hasim RT 02 RW 03 Puskesmas Lama Talok Turen atau melalui Rekening Bank BNI dengan Nomor Rekening 0680695950 atas nama Yayasan Cahaya Kasih Peduli. Kontak Person: 081268604404. (Had)