Cetak Announcer Handal di Tengah Pandemi, Radio UB Gelar Radio Broadcast Competition

Foto: Radio Broadcast Competition. (ist)

BACAMALANG.COM – Hampir semua bidang profesi dan pekerjaan tiarap gegara pandemi dan sebagai solusi peluang kerja, Radio UB (Universitas Brawijaya) menggelar mini workshop untuk mencetak announcer handal yamg dikemas dalam event bertajuk Direct 2020 Broadcast Competition Jumat (26/6/2020) pukul 14.00 – pukul 17.00 Live via Zoom.

Radio Broadcast Competition, sebuah ajang kompetisi siaran secara online yang akan menguji kemampuan peserta dalam menyiarkan sebuah adlib. Direct 2020 digelar pada hari Jumat, 26 Juni 2020, mulai pukul 14.00 hingga pukul 17.00 Live via Zoom. Direct 2020 menghadirkan kolaborasi 3 juri : Dave Nirvana (Announcer 103 POP FM Jakarta), Mia Yohanna.

Menjadi penyiar radio saat ini masih menjadi impian banyak orang. Seorang penyiar ditantang untuk bisa menyampaikan informasi menarik dan berkomunikasi luwes layaknya seorang teman bicara bagi pendengarnya.

Maka untuk menjadi penyiar handal dibutuhkan standar skill tertentu, seperti kemampuan artikulasi, aksentuasi, intonasi, power, ritme, diksi, smilingvoice dan masih banyak lagi. Selain itu karakter penyiar, yang tercermin dalam air personality, akan menjadi identitas & branding yang sangat menjanjikan.

Kemampuan mempresentasikan sebuah materi informasi dan mengkombinasikannya dengan gaya punchline akan menambah ciri khas tersendiri. Sejak dua bulan terakhir UB Radio telah menghadirkan 6 volume mini workshop yang mengangkat tema announcing skill & radio broadcasting dalam event Broadcastalk.

Menuju Broadcastalk Vol.7, UB Radio menggelar Direct 2020 : Radio Broadcast Competition, sebuah ajang kompetisi siaran secara online yang akan menguji kemampuan peserta dalam menyiarkan sebuah adlib.

Direct 2020 digelar pada hari Jumat, 26 Juni 2020, mulai pukul 14.00 hingga pukul 17.00 Live via Zoom. Direct 2020 menghadirkan kolaborasi 3 juri : Dave Nirvana (Announcer 103 POP FM Jakarta), Mia Yohanna (Announcer 103.9 Hits Unikom Bandung) dan Maruly Martinus (Program Director 107.5 UB Radio Malang).

Kemampuan juri dalam dunia radio tak diragukan lagi. Dave Nirvana sudah aktif di radio sejak duduk di bangku kuliah. Lulusan Universitas Brawijaya ini mengawali karir radionya sejak tahun 2013. Sebelum hijrah ke Jakarta, Dave juga sempat menjadi TV Presenter di sebuah stasiun TV lokal di kota Batu. Adapun Mia Yohanna, selain menjadi announcer, ia juga aktif di dunia public speaking, dan menjadi public speaking trainer di DJ Arie School.

Juri ketiga Maruly Martinus, adalah juri tuan rumah dari UB Radio, Music Director sekaligus Program Director UB Radio ini yang menjadi penggagas Broadcastalk.

Untuk mengikuti kompetisi ini mudah saja, peserta dapat melakukan pendaftaran melalui http://bit.ly/FormDirect2020 . Hanya dengan biaya pendaftaran yang sangat terjangkau, yaitu Rp.30.000,- peserta bisa mendapatkan e-sertifikat, dan berkesempatan memenangkan voucher belanja, paket produk sponsor, serta merchandise eksklusif dari UB Radio.

Tidak hanya itu, peserta juga mendapatkan free pass untuk mengikuti Broadcastalk volume 7 yang juga menyediakan e-sertifikat. Direct 2020 ini terbuka untuk umum, pelajar dan mahasiswa yang tidak sedang aktif menjadi penyiar radio professional dan berusia maksimal 25 tahun.

Pada kompetisi online ini, peserta membacakan adlib yang telah disediakan oleh penyelenggara, dengan gaya siaran dan kreatifitas masing-masing. Peserta show up sekali putaran, dan juri langsung menentukan pemenang. Pada event ini juga ada sharing session seputar how to be a good radio broadcaster bersama Dave Nirvana (Announcer 103 POP FM Jakarta), Mia Yohanna (Announcer 103.9 Hits Unikom Bandung).

Info lebih lanjut seputar pelakasanaan Direct 2020 UB Radio dapat diupdate di akun Instagram UB Radio @radio_ub. DIRECT Radio Broadcaster Competition didukung sepenuhnya oleh Smartfren, I’m Radio Broadcaster, Baca Malang.com, kanal 24, UBTV, dan tentu saja almamater tercinta Universitas Brawijaya. Info selengkapnya hubungi Tim Broadcastalk UB Radio. (Hum/Had)