Tangani Covid-19, Kapolresta Malang Kota Optimalkan Bhabinkamtibmas

Foto: Giat Polresta Malang Kota. (ist)

BACAMALANG.COM – Guna meaksimalkan penanganan Covid–19, Kapolresta Malang Kota melakukan optimalisasi keberadaan dan peran Bhabinkamtibmas.

Upaya tersebut dijalankan dengan melakukan kunjungan ke lima Polsek di Kota Malang.

“Harus jelas identitasnya (nama, alamat, tempat dirawat). Makanya saya tanyakan langsung ke Bhabinkamtibmas sejauhmana penanganannya, terus jalin komunikasi guna mengetahui perkembangan masing-masing pasien,” tandas Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Leo berkunjung ke lima Polsek di wilayah Kota Malang. Ia memastikan anggota Bhabinkamtibmas berkoordinasi dengan gugus gugus tugas setempat terkait data Covid-19.

Lima hari berturut-turut Leo beserta rombongan safari ke lima Polsek: Polsek Sukun, Polsek Blimbing, Polsek Lowokwaru, Polsek Kedungkandang dan Polsek Klojen.

Ia berharap anggotanya bisa melakukan optimalisasi terkait data pasien Covid-19 baik yang dirawat maupun isolasi mandiri.

Data yang dipegang Bhabinkamtibmas diminta untuk dirahasiakan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Data tersebut akan digunakan untuk percepatan penanganan Covid-19 di kota pendidikan ini.

Langkah pertama adalah mengkonfirmasi data yang diperoleh. Kemudian, anggota Bhabinkamtibmas melakukan komunikasi sesuai protokol dengan pasien agar kedisiplinan terkontrol dengan baik.

“Saya akan memberikan suplemen untuk konfirmasi positif dan juga ada gejala. Bhabinkamtibmas juga mendatakan keluarganya dan kita berikan bantuan berupa beras 5 kg, gula 2 Kg, minyak 2 liter dan mie Instan,” ungkapnya.

Kapolresta Malang Kota menyebutkan bahwa penyebaran virus Corona rata-rata terjadi karena ulah masyarakat yang tidak disiplin menjalani protokol kesehatan Covid-19. Ia meminta semua elemen patuh protokol dan saling mawas diri agar terhindar dari paparan virus menular tersebut. (had/red)