Cerita Dibalik Lagu Cozy Republic ft. Irang Arkad ‘Kita Indonesia’

Foto: Irang Arkad (kiri) dan Bastian Cozy. (ist)

BACAMALANG.COM – Ingin tampil beda dan tidak ingin ketinggalan berkontribusi bangkitkan patriotisme dan heroisme, Cozy Republic ft. Irang Arkad merilis single berjudul ‘Kita Indonesia’.

Menurut Bastian Cozy Republic, latar belakang pembuatan lagu ini karena sudah lama tidak pernah terdengar lagu yang bercerita tentang bagaimana cara menggelorakan semangat orang Indonesia untuk mencintai tanah airnya

“Yang selama ini yang didenger itukan banyak orang bikin lagu tentang Indonesia itu sifatnya lebih industrial, lebih ke arah industri bukan impact kepada bagaimana cara menggelorakan rasa cinta kepada tanah airnya itu. Kalau dulu kan ada lagunya Gombloh yang Gebyar – Gebyar, setelah itu kan sudah lama enggak pernah gitu lagi. Nah saya kepingin mencoba mengambil feel itu lagi,” kata Bastian.

Inpirasinya pembuatan single ini, lanjut dia, karena belakangan ini ia melihat bangsa ini semakin kehilangan jati dirinya. “Kita ini seperti kayak enggak mau jadi kita sendiri, kayaknya ingin jadi orang lain. Mangkanya saya pikir ini udah saatnya harus membangkitkan lagi bagaimana menjadi diri kita yang sebenarnya,” terang musisi asal Malang ini.

Lagu ini, diterangkan Bastian, mengajak menjadi orang Indonesia yang sebenarnya. “Lagu ini sebetulnya sudah cukup lama kira-kira, kalau bikin lagunya cepat kalau lagu ini dibikin sudah lama kira-kira 3 tahun yang lalu, cuma waktu itu masih belum menemukan komposisi yang bagus dan momentum yang bagus lagu ini harus dikemas seperti apa. Salah satunya harus berkolaborasi sama siapa, sampai akhirnya Bastian ngobrol sama Irang Arkad mencoba menawarkan lagu ini,” paparnya.

Dipilihnya Irang Arkad, juga karena memiliki karakter suara yang khas dan powerfull. “Lagu ini memang ingin saya tampilkan dengan powerfull. Saya mencoba ingin bicarakan tema ini sebagai sesuatu yang mendasar bahwa kita selama ini sudah banyak berlari dari keaslian jati diri kita,” pungkasnya.

“Kita ini Indonesia, atau mungkin kalau dulu namanya Nusantara mungkin Kita Nusantara. ini sebetulnya karena sudah jadi kesepakan bersama nama Indonesia,” imbuhnya.

Ia pun berfikir, kalau misalnya dari Sabang sampai Merauke punya semacam kesamaan rasa dan kalau memang masih sepakat tinggal di satu negara ini, ia mengajak untuk bersama-sama secara murni dengan menyadari bahwa tanah air kita adalah surga kita.

“Menyadari kita enggak akan pernah tau, kita tinggal ditempat yang indah, dan tempat yang indah adalah Indonesia. Sebetulnya itu yang saya bilang tadi, saya menunggu momen yang tepat untuk sebuah supporting antara lain bagaimana lagu ni bisa dikemas dengan mencitrakan bahwa lagu ini bercerita tentang alam Indonesia,” tandasnya.

Jadi dengan menceritakan keindahan alam Indonesia itu, orang-orang akan menjadi tahu bahwa kita sedang tinggal di tempat yang indah. “Jadi sadari kenali dulu, bahwa tempatmu ini indah. Setelah Kita sadar setelah Kita tahu, kenal, Kita jadi cinta. Jadi Indonesia ini bukan hanya di Jakarta aja, bukan di Surabaya, bukan di kota-kota, jadi Indonesia ini banyak tempat-tempat yang kita masih belum datangin. Ada surga-surga yang tersembunyi disitu. Bagaimana Kita bisa mencintai Indonesia kalau kita enggak tahu itu,” tuturnya.

Terkait kerjasama dengan Zlatan Adventure, lanjut Bastian, karena Zlatan bergerak di bidang adventure kill. “Jadi temanya itu sama, visinya sama bahwa dengan tema mencintai alam ini bisa sepadan visinya di lagu itu dan kebetulan ketemunya sama zhaltan berarti ada jodoh,” jelasnya.

Ia pun berharap, dengan lagu ‘Kita Indonesia’ ini, kita bisa jadi sama-sama untuk menyadari keindahan alam Indonesia ini. “Setelah Kita sadari Kita cintai tanah air ini, setelah Kita cintai tanah air ini Kita jaga dan Kita rawat sama-sama. Kalau menang Kita masih sepakat bahwa Kita masih merasa di Indonesia semuanya kita satu saudara. Harapan saya ini bisa membangkitkan semangat untuk mempersatukan rasa ini tadi. Saya tidak bilang untuk semuanya harus seragam, tapi dengan perbedaan itulah Kita bisa menjadi sesuatu yang keren, untuk indonesia,” sebutnya.

“Karena berbeda itu enggak harus disatukan tapi kemampuan kita untuk mengolah perbedaan itu, yang lebih diutamakan jadi harapanya dengan dengerin lagu ini atau nanti bakal menginspirasi temen-temen yang lain untuk bikin kagu tentang mencintai Indonesia muncul rasa nasionalisme yang kuat tentang jati diri Kita, Indonesia. Jadi to the sea salah satu bagian yang Kita mau akan tonjolkan disitu. Tempat yang kemaren itu kayak surga yang tersembunyi itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pembuatan video klip ini diambil dari kawasan pegunungan di Bogor, Jawa Barat. “Geopark itu dari situ surganya waterfall, salah satunya itu adalah Curug Cikante. Untuk naik kesitu butuh perjuangan. Jadi saya serasa menjadi Indiana jones nemuin harta karun. Kayaknya itu mungkin Kita yang pertama kali memonumenkan tempat itu dalam sebuah video klip. Saat indah sekali dan perjuangan untuk menuju tempat itu dan semuanya jadi terbayar setelah Kita memanjat batu batu,” ungkapnya. (far/had/red)

Berikut Ini V-Klip Single ‘Kita Indonesia’ :