TNBTS Siapkan Simulasi Terkait Reaktivasi Bromo

Foto: Pemandangan Gunung Bromo. (istimewa)

BACAMALANG.COM – Angin segar bagi sektor pariwisata Jatim dihembuskan dari adanya kabar baik rencana reaktivasi Bromo setelah berbulan-bulan mengalami PSBB sehubungan adanya pandemi Covid 19.

Sekilas informasi, reaktivasi wisata kawasan Bromo, akan diberlakukan. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNTBS) sudah menerima rekomendasi dari empat kepala daerah. Dalam waktu dekat, TNBS bakal gelar simulasi untuk reaktivasi wisata Bromo.

Kepala Balai Besar TNBTS Jon Kenedy mengatakan, pihaknya sudah menerima rekomendasi empat kepala daerah terkait reaktivasi Bromo.

Yakni, dari Bupati Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang. Namun, pihaknya tidak bisa lansung membuka wisata Bromo. Mengingat, masih pandemi Covid-19.

“Rekomendasi dari empat kepala daerah sudah diterima semua. Intinya, mereka merekomendasikan wisata Bromo dibuka kembali,” kata Jon Kenedy kemarin.

Jon Kenedy mengaku, masih akan melakukan simulasi reaktivasi wisata Bromo. Tujuannya, untuk memastikan kesiapan penerapan protokol kesehatan di wisata Bromo. Mulai dari sumber daya manusia, fasilitas protokol kesehatan, dan pengunjung.

“Kami masih akan adakan simulasi dulu terkait reaktivasi Gunung Bromo. Kapan simulasinya, tunggu hasil rapat koordinasi nanti,” pungkas Jony Kenedy. (*/had)