Refleksi HUT Ke-60, Karang Taruna Diharapkan Jadi Ujung Tombak Pembangunan

Foto: Andry Yulianto. (Ist)

BACAMALANG.COM – Keberadaan pemuda memiliki peran vital dalam catatan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Merefleksi peringatan HUT ke-60 karang taruna Indonesia yang jatuh pada tanggal 26 September besok, pemuda diharapkan bisa menjadi ujung tombak pembangunan bangsa.

“Kami prihatin dengan adanya pandemi, namun kami tidak menyerah. Kami peduli kepada sesama dengan membagikan masker dan melakukan kegiatan sosial lainnya. Kami berharap bisa terus semangat mengisi dan menjalankan pembangunan bangsa,” tandas Ketua Karang Taruna Kabupaten Malang, Andry Yulianto, Jumat (25/9/2020).

Pemuda asli Turen ini menuturkan, karang taruna selama ini telah melakukan koordinasi dengan pusat yaitu Kementerian Sosial RI.

Saat ini jumlah keanggotaan karang taruna se-Kabupaten Malang tersebar di 390 desa dengan jumlah total sebanyak 11.700 pemuda.

Bagikan Masker Saat Pandemi

Andry menjelaskan, terkait pandemi, pihaknya berupaya meringankan beban sesama dengan membagikan masker.

“Kegiatan kami adalah bagi-bagi masker di desa masing-masing. Juga penyemprotan desinfektan ke tempat ibadah, rumah warga, membantu pemerintah desa mendata warga penerima bantuan dan membantu penyaluran bantuan PSBB ke masyarakat,” terang Andry.

Andry mengungkapkan pihaknya berharap karang taruna bisa menjadi pemuda tangguh dan ujung tombak kemajuan. “Semoga ke depan karang taruna bisa menjadi pemuda yang tangguh menjadi ujung tombak kemajuan desa. Saatnya yang muda yang berkarya,” tutur Andry mengakhiri. (had)