WALHI Desak Aparat Usut Tuntas Kasus Pengambilan Pasir Pantai

Lapangan voli pantai di kompleks Stadion Kanjuruhan Kepanjen (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau WALHI Jawa Timur mendesak aparat berwenang mengusut tuntas perkara pengambilan pasir laut di kawasan Pantai Balekambang yang digunakan untuk kepentingan proyek lapangan voli pantai di kompleks Stadion Kanjuruhan, Kota Kepanjen.

Manajer Kampanye WALHI Jatim, Wahyu Eka Setyawan menyampaikan, seharusnya aparat keamanan tidak tebang pilih dalam menangani suatu perkara. Terlebih yang menyangkut perkara lingkungan hidup.

“Kalau memang itu keliru, ya seharusnya jangan tebang pilih. Ya harus ditindak sesuai dengan aturan yang ada,” kata Wahyu, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (26/1/2021).

Wahyu menambahkan, selama ini WALHI tidak henti-hentinya memberikan masukan kepada pemerintah terkait isu lingkungan hidup. Isu lingkungan hidup, lanjut Wahyu, merupakan hal sensitif.

“Sebenarnya ini praktik yang hampir seringkali tidak hanya di Kabupaten Malang. Di beberapa titik itu juga cukup lambat ya soal penanganan dari pihak pemerintah, juga aparat keamanan. Memang seharusnya itu ditindak. Kalau kita mengacu pada undang-undang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, kawasan-kawasan tersebut memang harus dijaga,” terang Wahyu.

WALHI pun meminta kepada pemerintah daerah maupun aparat berwenang, agar tegas dalam menangani perkara lingkungan hidup.

“Harusnya tegas dong. Dituntut keseriusan disini, khususnya aparatur negara, paling tidak sebagaimana dalam mandat undang-undang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup,” ucap Wahyu. (mid/yog)