Marak Rentenir Berkedok Koperasi, Peradi Dan YUA Kota Batu Terima Banyak Pengaduan

Foto : Direktur Rastra Yustisia & Associates Suwito SH saat menerima pengaduan warga. (ist)

BACAMALANG.COM – Maraknya praktik rentenir berkedok koperasi di Kota Batu, menjadikan Peradi dan Yayasan Ujung Aspal (YUA) Jawa Timur menerima banyak pengaduan.

“Adanya pengaduan praktek rentenir berkedok koperasi Kita terima disela-sela kantor kami menerima dan melayani permohonan penangguhan pembayaran beberapa lembaga keuangan,” ungkap Direktur Rastra Yustisia & Associates Suwito.

Sekilas informasi, maraknya praktek rentenir berkedok koperasi di wilayah Pemerintahan Kota Batu semakin hari semakin bertambah.

Rentenir yang berkedok koperasi tersebut memberikan pinjaman dengan sangat mudah kepada pedagang – pedagang mikro yang banyak terdapat di perkampungan padat penduduk.

Selain persyaratan mudah yaitu hanya berbekal KTP dan syarat lainnya, rentenir yang berbaju koperasi tersebut memberikan penawaran nilai dana yang menggiurkan.

“Fase proses pinjam meminjam itu akan menjadi kiamat yang tidak berkesudahan saat nasabah tanpa keanggotaan koperasi itu tiba waktu pembayaran angsuran,” tutur Suwito Anggota Peradi Malang Raya ini.

Dikatakannya, penagihan penuh intimidasi dan kata – kata kasar, keras, cacian serta umpatan tersebut, kata dia, diterima oleh janda -janda tua pemilik kios -kios kecil pengusaha mikro di kampung-kampung tersebut sampai terurai air matanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ujung Aspal Jawa Timur ( YUA ) Alex Yudawan mengatakan bahwa pihaknya akan segera koordinasi dengan Pemerintah Kota Batu untuk segera menertibkan praktek rentenir
berkedok koperasi yang marak di Kota Batu.

“Kami akan segera melakukan audensi dengan pihak Pemerintah Kota Batu dalam rangka penertiban ijin Koperasi yang beroperasi di wilayah Kota Batu, paparnya.

Beberapa koperasi di Kota Batu, kata dia, diduga melakukan praktek – praktek diluar semangat koperasi bahkan berpotensi melanggar undang – undang Koperasi.

Pihaknya, kata Alex juga akan mendata jumlah koperasi yang ada di wilayah Kota Batu, pihaknya juga menerima pengaduan masyarakat Kota Batu yang merasa dirugikan oleh koperasi yang menjelma menjadi rentenir.

“Pengaduan oleh masyarakat yang dirugikan rentenir bisa langsung mendatangi Kantor YUA Jawa Timur di Jalan Kapten Ibnu no.4 Ruko Hit Properti Kelurahan Sisir Kecamatan Batu Kota Batu – Jawa Timur, ” pungkas Alex. (had)