Diiming-imingi Investasi, Biduan Singosari Tertipu 350 Juta

Dewi Kurnia (kiri) menunjukkan foto Reni Mozza didampingi kuasa hukumnya, Didik Lestariyono (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Seorang biduan warga Kecamatan Singosari, Dewi Kurnia menjadi korban penipuan rekan kerjanya sendiri, Reni Mozza warga Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Dewi harus kehilangan uang Rp 350 juta.

Dewi pun melaporkan kejadian tersebut kepada Polres Malang, Rabu (26/8/2020).

“Katanya untuk investasi tembakau di Kalimantan. Awal dulu setor 6 juta, sempat cair 10 juta. Sebenarnya kan dijanjikan 50 juta, terus yang 40 juta diikutkan untuk investasi selanjutnya. Jadi setiap cair itu ada penawaran untuk ikut selanjutnya,” kata Dewi.

Menurut wanita 30 tahun itu, ada sekitar 10 orang yang bernasib sama dengannya. Dewi menuturkan, mereka menyetorkan uang untuk investasi itu secara bertahap, tidak sekaligus.

“Kalau di total semua orang itu, kerugiannya ya 1,4 miliar. Memang pintar omong orangnya (Reni, red). Itu uang saya dari tabungan dan hasil jual perhiasan,” ucapnya.

Sementara kuasa hukum Dewi, Didik Lestariyono SH MH menjelaskan, Reni dapat dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan. Reni terancam hukuman 4 tahun penjara.

“Ini yang laporan sudah 4 orang. Satu di Polresta Malang Kota, dan yang tiga disini. Itu penipuan murni. Karena investasinya tidak ada, uangnya masuk dan tidak kembali satu rupiah pun,” ungkap Didik. (mid/yog)