Bea Cukai Malang Kembali Amankan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Foto: Aksi penindakan bea cukai Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Bea Cukai Malang kembali mengamankan ratusan ribu batang rokok ilegal selama periode Operasi Patuh Cukai yang dilaksanakan mulai tanggal 10-30 September 2020, Sabtu (26/9/2020).

Operasi yang dilaksanakan pada hari Kamis, 24 September 2020 di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang ini berhasio mengamankan sebanyak 319.920 batang rokok ilegal. Dalam operasi tersebut, petugas juga menemukan barang kena cukai berupa hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin dan sigaret kretek tangan (SKM & SKT) tanpa dilekati pita cukaii.

Kepala Bea Cukai Malang, Latif Helmi menjelaskan, bahwa semula petugas Bea Cukai Malang memperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya penjualan rokok ilegal di Kecamatan Pujon. Dari informasi tersebut, sekira pada pukul 11.00 WIB petugas bergerak menuju ke lokasi target.

“Dari Penyisiran di Pasar Pujon kemudian dilakukan pengembangan informasi dan dilanjutkan pemeriksanan terhadap sebuah bangunan, petugas mendapati ratusan ribu batang rokok ilegal dari berbagai merek,” katanya.

Dikatakan, bahwa dari hasil operasi tersebut, kerugian negara yang ditimbulkan ditaksir mencapai Rp 145.563.600,00.

Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Dalam periode Operasi patuh Cukai, Bea Cukai Malang tetap fokus dalam upaya pemberantasan peredaran rokok ilegal.

“Dengan ini diharapkan peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya terus menurun dan sesuai target dari Menteri Keuangan tahun ini untuk menekan peredaran rokok ilegal hingga 1 persen,” pungkas Latif Helmi. (Lis/red)