Bantu Promosikan UMKM di Tengah Pandemi, Belanjamalang.com Resmi Diluncurkan

CEO Hasta Komunika, Muhammad Anas Muttaqin meresmikan marketplace Belanjamalang.com (wahyu)

BACAMALANG.COM – Pandemi Covid yang belum usai telah merontokkan segi ekonomi, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tak sedikit pelaku UMKM yang terdampak merugi karena pandemi ini.

Guna membantu UMKM agar bangkit di tengah pandemi, PT Hasta Komunika menggelar Pelatihan Digital dan Soft Launching Marketplace Belanjamalang.com, Senin (26/10/2020).

CEO Hasta Komunika, Muhammad Anas Muttaqin menjelaskan pelatihan dan soft launching Belanjamalang.com ini adalah hasil bekerja sama dengan Kementerian Ketenakerjaan RI (Kemnaker).

Ia menuturkan pelatihan tersebut sekaligus mengenalkan kepada peserta aplikasi jual beli yang bernama BelanjaMalang.com.

Di tengah pandemi seperti ini, pria yang akrab disapa Anas itu menuturkan pelatihan tersebut merespon perekoniman yang saat ini sedang lemah. Menurutnya, di dalam era seperti ini banyak pelaku usaha kecil yang terkena imbas wabah covid-19. Oleh karenanya, ia melanjutkan, platform yang digagas oleh pihaknya bertujuan untuk membantu UMKM beradaptasi di era digital.

“Makanya untuk Malang khusus memang kita siapkan platform marketplace Belanjamalang.com ini, harapannya ini bisa membantu masyarakat untuk bertransaksi atau perputaran ekonomi baru di dunia digital di malang, tapi yang lokal artinya membentuk ekosistem yang lokal disini.” ujar Anas.

Pada aplikasi ini, pria yang dianugrahi dua orang anak ini menjelaskan Belanjamalang.com menerapkan sistem baru untuk membedakan dengan marketplace lainnya yaitu dengan memberikan cluster atau batasan wilayah untuk mempermudah pencarian produk tanpa harus memilih filter dalam kolom pencarian.

“Karena semua yang ada disini pasti akan khas malang, jadi lokal di malang, jadi bisa kita cluster lewat kecamata-kecamatan dan itu lewat kota, kabupaten, jadi kita ketika ingin cari sesuatu di batu nanti tinggal cari di cluster Kota Batu sudah muncul semua usaha atau UMKM di Kota Batu, di Malang atau di Kabupaten Malang juga sama,” imbuhnya.

Menurutnya Belanjamalang.com tidak hanya sebagai marketplace biasa, namun juga memberikan servis untuk melakukan pelatihan-pelatihan dikhususkan untuk pelaku-pelaku usaha dalam melakukan branding dan berjualan online secara bagus.

Sementara itu, di sisi lain peserta pelatihan mengaku terbantu dengan digelarnya pelatihan ini. Hal itu dijelaskan oleh salahbsatu peserta, Fika Nurma Fazah. Ia berharap agar selama pandemi pelaku UMKM tetap bisa lebih aktif.

“Harapanya kedepan apalagi di era pandemi seperti ini kita bisa lebih aktif, lebih kreatif, di dunia digital untuk mengembangkan usaha-usaha atau produk-produk hasil karya santri, tapi kan kita minim, masih pemula untuk ilmu brandingnya, pentinga branding seperti itu, jadi kita masih, untuk acara-acara seperti ini kita sangat tertarik banget,” ungkap perempuan yang juga pengurus Pondok Nurul Ulum Kebonsari.

Pelatihan ini dibagi menjadi 3 sesi dengan 3 pemateri, yaitu sesi pertama diisi oleh Pemred Times Indonesia, Yatimul Ainun  dengan materi membaca peluang bisnis di era digital. Selanjutnya sesi kedua diisi oleh Marketing cafe DW Coffee, Faishal Lutfi Nugraha dengan materi social media management, dan terakhir diisi materi tips dan trik foto produk untuk media sosial oleh Kutub Hasta.(wah/zuk)