Batu Love Garden, Wahana Edukasi Simbiosis Makhluk Hidup

Foto: Pengunjung berfoto dengan Kupu-kupu Raksasa di Batu Love Garden (BALOGA), Sabtu (26/12/2020). (ned)

BACAMALANG.COM – Wisata baru Batu Love Garden atau BALOGA dari Jawa Timur Park (JTP) Group ini tidak hanya sekedar menyajikan spot berkonsep bunga yang instagrammable saja.

Menurut Marketing and Public Relation Manager Jawa Timur Park Grup, Titik S Ariyanto, konsep utamanya adalah edukasi tentang bunga, buah dan sayur. “Namun di sini juga ada edukasi tentang serangga, mulai dari kupu-kupu, lebah hingga belalang,” terangnya di sela trial opening BALOGA, Sabtu (26/12/2020).

Titik menambahkan, edukasi ini terkait adanya simbiosis antara tumbuhan dan serangga, karena sebagai makhluk hidup tanaman tidak bisa hidup sendiri. Pengunjung, lanjut Titik, dapat melihat secara langsung, bahkan berinteraksi dengan serangga-serangga yang ada. “Pengunjung bisa memegang kupu-kupu, belalang, atau jika berani bisa bersentuhan langsung dengan ratusan lebah madu,” ujarnya.

Keseruan ini juga diungkapkan Amanda Aurellia, salah seorang pengunjung yang datang pada trial opening tersebut. “Saya ini sebenarnya sangat takut dengan serangga,” aku gadis asal Malang ini.

Namun, imbuh dia, lewat edukasi yang diberikan, rasa takut itu hilang dan berubah menjadi rasa ingin tahu. “Bahkan tadi saya sempat berfoto dengan kupu-kupu besar lho,” tandas mahasiswi BINUS Malang ini.

Wisata BALOGA yang berada di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini menggandeng petani petani setempat, serta akademisi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Brawijaya Malang hingga Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropik (Balitjestro) untuk pengembangan komoditinya. (ned)