Bantu Terdampak Pandemi, Pratama Jalankan Kemitraan Wirausaha Lobster

Foto : Pratama Megantoro (berkacamata). (ist)

BACAMALANG.COM – Adanya Pandemi mengakibatkan jumlah angka pengangguran meningkat. Seiring munculnya banyak pengangguran terdampak pandemi, kiprah warga Sidoarjo satu ini layak mendapat apresiasi.

“Alasan saya membuka usaha adalah sebagai solusi untuk masyarakat dapat berwirausaha di kala pandemi. Bisa usaha budidaya Lobster air tawar di rumah dengan full support,” tandas Founder Tama Lobster, CEO PT. Trikarya, Pratama Megantoro, S.E, Rabu (27/1/2021).

Pratama membuka usaha kemitraan sejak dua tahun yang lalu. “Sistem pendampingan Kami by WA oleh admin, laporan progress budidaya dua hari sekali, ada draft maintain kolam harian, plus dapat buku panduan budidaya yang disusun sendiri oleh tim operasional Kami,” terang Pratama.

Sehubungan dengan ganti rugi atau garansi jika usaha ini gagal dijalankan mitra, Pratama menjelaskan, garansi berupa garansi kematian. “Jika ada indukan mati, Kami ganti sesuai jumlah kematiannya dua Minggu sekali tergantung paket mitra yang dibeli,” papar Pratama.

Solusi Kala Pandemi

Pratama mengatakan, gambaran peluang usaha cukup baik. “Bisnis ini going concern, terlebih di masa Covid ini. Kegiatan lebih terbatas diluar, sehingga budidaya LAT (Lobster air tawar) sendiri di rumah dengan support bimbingan Kami jadi solusi yang bagus,” papar pria peraih Diplomat Success Challenge 2019 ini.

Pratama mengungkapkan, ia bisa buy back hasil dari mitra. “Kami bisa buy back hasil panennya. Kami tidak mengikat, bisa dijual di Kami atau jika punya pasar sendiri, silakan dijual di luar sana,” tandas Pratama.

Menurut Pratama, usaha ini bisa membangkitkan perekonomian rakyat Indonesia kala pandemi. “Karena ini suatu solusi yang bagus saat pandemi, bisa jadi ladang usaha yang bagus untuk perekonomian,” imbuh Pratama.

Pratama mengatakan, pihaknya akan terus ekspansi dengan menggandeng mitra baru menggairahkan ekonomi kerakyatan. “Pasar Kami area Pulau Jawa (Jabodetabek dan sekitarnya). Kami ingin menggairahkan ekonomi kerakyatan,” imbuh Pratama mengakhiri. (had)