7000 Murid PAUD dan TK Nikmati Wisata Dirgantara di Lanud Abd Saleh

Foto : Wisata Dirgantara di Abd Saleh. (ist)

BACAMALANG.COM – Sebanyak 7000 siswa PAUD dan TK di Malang Raya membanjiri Taxi Way Lanud Andulrachman Saleh, Kamis (27/2).

Kedatangan ribuan siswa itu dalam rangka menikmati Wisata Dirgantara, Pilot Cilik dan Angkasa Ekspo 2020 yang digelar oleh Lanud Andulrachman Saleh. Wisata itu sebagai upaya dalam pembinaan potensi kedirgantaraan bagi masyarakat Malang Raya dan sekitarnya.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hesly Paat, menyampaikan tiga topik acara yang dijadikan satu even bertujuan efektifitas dan efisiensi, sehingga semua acara terakomodir.

“Dalam acara Wisata Dirgantara, panitia mengundang anak-anak Taman Kanak-kanak di Malang serta bekerjasama dengan IGKTI dan Himpaudi untuk mengunjungi Lanud Abdulrachman Saleh guna memamerkan tiga jenis pesawat terbang militer. Persawat itu yakni Pesawat Cassa 212, Pesawat EMB 314 Super Tucano dan Pesawat C-130 Hercules”, kata Danlanud Andulrachman Saleh.

Ia menambahkan, selain itu dipamerkan pula beberapa kendaraan dan peralatan Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dari Yonko 464 dan Denmatra 2 Paskhas beserta seragamnya, kegiatan terjun payung, serta paramotor.

“Tujuannya mengenalkan dunia kedirgantaraan dan mengenal Lanud Abdulrachman Saleh sejak dini kepada masyarakat”, imbuhnya.

Sementara itu, dalam kegiatan pilot cilik, anak-anak dari sekolah Taman Kanak-kanak dan Anak Usia Dini dapat mengenal lebih dekat pesawat terbang, foto di dekat pesawat milik TNI AU, bahkan menaiki pesawat yang diparkir.

Tak hanya itu, acara Angkasa Ekspo atau Edu Expo, Pengurus Cabang Yasarini Lanud Abdulrachman Saleh juga mengundang peserta untuk mengenal sekolah-sekolah Angkasa yang ada di lingkungan Lanud Abdulrachman Saleh mulai dari tingkat Kelompok Bemain, TK, SMP dan SMK Penerbangan Angkasa.

Seluruh siswa juga dimanjakan dengan panggung utama yang menampilkan sambutan tarian PAUD, penampilan tari anak TK, pengenalan stand, fly pass dan heli box, penampilan drum band SMK.

“Mereka juga menyaksikan beberapa pertunjukan seperti peluncuran pesawat kertas, PBB kontemporer, terjun payung, fly pass Hercules, fashion show pakaian tempur Paskhas, dance SMP, fly pass Super Tucano”, kata Hesly.

Danlanud menambahkan, bahwa seluruh siswa fan masyarakat itu datang dari berbagai kecamatan di wilayah Malang Raya. Akibatnya jalan raya menuju Lanud Abdulrachman Saleh dari berbagai arah sempat tersendat.

“Demikian pula kondisi di tempat parkir penuh dengan berbagai kendaraan di beberapa tempat yang ada. Di Lanud Abdulrachman Saleh, warga memenuhi lokasi di titik muat pusat kegiatan. Mereka sangat bergembira berada di Lanud Abdulrachman Saleh untuk mengenal melihat Alutsista mikik TNI AU. (Lis)