Berdikari di Tengah Pandemi dengan Budaya Karang Kitri

Foto: Pendopo Kembang Kopi. (Ist)

BACAMALANG.COM – Owner Pendopo Kembang Kopi Malang mengatakan, Bangsa Indonesia mempunyai peradaban yang tinggi, adiluhung dan salah satunya adalah budaya Karang Kitri yang saat ini dibutuhkan untuk survive di tengah pandemi yang memporak-porandakan sendi-sendi kehidupan manusia.

“Literasi Budaya Karang Kitri di tengah pandemi. menarik dijalankan karena diharapkan.mampu membangun kesadaran masyarakat memanfaatkan lahan produktif di sekitar rumah guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari untuk meminimalisir pengeluaran,” terang Piet Widiadi, Sabtu (27/6/2020).

Sekilas informasi, Karang Kitri adalah budaya memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman pangan. Tanaman yang dimaksud seperti buah-buahan, sayuran dan empon-empon. Tujuan dari budaya Karang Kitri ialah untuk ketahanan pangan keluarga.

Namun usaha budaya ini sudah mulai pudar. Dilihat dari segi kesehatan dan ekonomi, Karang Kitri memiliki banyaK manfaat bagi keluarga. Nilai gizi yang terdapat pada sayur dan buah tinggi dikarenakan masyarakat mengkonsumsi hasil kebun mereka sendiri.

Selain itu dengan mengkonsumsi sayur, buah dan empon-empon dari perkebunan sendiri maka pengeluaran keluarga akan bisa diminimalisir.

“Adanya diskusi mengenai Karang Kitri sebagai usaha rumahan yang agak pudar sangat diperlukan. Untuk itu Pendopo Kembang Kopi yang berada di Dusun Glagah Ombo, Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang mengadakan diskusi mengenai tema tersebut pada hari Minggu, 28 Juni 2020,” terang alumnus FISIP Universitas Airlangga ini.

Acara akan dimulai dari PK 10 s.d 12.00 WIB siang dengan (Ngobar Minggu Pagi). Pendopo ke depan memfasilitasi tempat untuk diskusi santai dengan topik-topik yang berbeda.

” Yuk gabung dalam kegiatan ngobrol ringan dengan minum wedhang atau kopi, dengan topik Karang Kitri sebagai tradisi usaha rumahan yang pudar. Dengan suasana asri, santai dan enjoy. Yang minat langsung kontak mbak Rosita 081233539184,” pungkas Piet. (Had/Red)