Wisata Tangguh Semeru Jatim Park 2, Ini Kata Dewanti

Foto: Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si, saat diwawancarai awak media usai mengukuhkan Jawa Timur Park 2 sebagai "Wisata Tangguh Semeru". (Eko Sabdianto)

BACAMALANG.COM – Tempat wisata buatan Jawa Timur Park 2 di Kota Batu kembali dibuka, pada Sabtu (27/6/2020) hari ini.

Dibukanya tempat wisata tersebut, praktis mengobati rasa kerinduan dan dinantikan oleh para wisatawan dan masyarakat Kota Batu untuk berkunjung kembali.

Sebelumnya selama tiga bulan lebih, Jawa Timur Park 2, berhenti beroperasi karena akibat dari dampak pandemi Covid-19.

Pembukaan operasional kembali dalam menuju masa transisi new normal tersebut, juga bersamaan dengan dikukuhkanya “Wisata Tangguh Semeru”, yang dilakukan oleh Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK.

Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si mengatakan, dibukanya kembali tempat wisata Jawa Timur Park 2 ini, tetap harus selalu mengedepankan protokol kesehatan.

“Kami meminta kepada seluruh staff maupun karyawan dan para wisatawan yang berkunjung harus selalu menerapkan protokol kesehatan, agar terhindar dari wabah Covid-19,” kata Budhe sapaan akrabnya, saat diwawancarai awak media.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, hal itu mutlak dan penting dilakukan, tidak hanya kepada TNI Polri saja yang mengawal.

“Namun, akan tetapi juga berlaku kepada semua karyawan dan staff, terlebih bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur Park 2, untuk terus selalu tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Meski demikian, tambah Budhe, setelah dibuka kembali, Jawa Timur Park 2 hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitasnya secara maksimal.

“Ya, jadi nantinya itu kapasitas untuk wisatawan yang berkunjung hanya boleh sekitar 50 persen saja, dari kapasitas secara keseluruhan yang mencapai 6000 orang. Otomatis bagi para pengunjung hanya boleh 3 ribu orang saja,” tegas dia.

Untuk mengantisipasi membeludaknya para wisatawan yang datang, masih kata Budhe, pihaknya melalui Tim Gugus Tugas Covid-19, bekerjasama dengan Tim Verifikasi dari Dinas Kesehatan, Satpol PP, TNI dan Polri yang bakal terus memantau. 

“Semoga baik pemerintah maupun masyarakat kita, bersama-sama mendukung untuk bisa menjadikan Kota Wisata Batu ini hidup kembali pariwisatanya. Namun, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang harus tetap di jaga dengan baik,” pungkasnya. (Eko/Hum)