Ngaku Bisa Gandakan Uang, Pria Ini Diciduk Polsek Gondanglegi

Tersangka saat diamankan bersama barang bukti di Polsek Gondanglegi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Polsek Gondanglegi menciduk Mustaqim warga Desa Argotirto, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pria 30 tahun itu ditangkap polisi karena telah melakukan tindak pidana penipuan.

Kepada korbannya, Mustaqim mengaku bisa menggandakan uang. Selama ini, Mustaqim diketahui memiliki rumah kontrakan di Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi. Disitu, dia melancarkan aksinya dengan membuka praktek perdukunan.

Adapun salah satu korban Mustaqim adalah warga Putat Lor juga. Mustaqim meyakinkan korban bahwa dirinya mampu menggandakan uang hingga Rp 7 triliun. Namun, bukannya untung yang didapat korban, Mustaqim ternyata tidak lebih dari penipu.

“Korbannya sudah ada 4 orang. Setiap korban diminta menyetorkan sepeda motor sebanyak 4 unit. Menurut tersangka hal itu atas permintaan Nyai Roro Kidul,” kata Kapolsek Gondanglegi, Kompol Agus Siswo Hariadi, Senin (27/7/2020).

Selain mengamankan Mustaqim, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang digunakan Mustaqim untuk membuat korbannya yakin. Barang bukti itu diantaranya seperti keris, batu akik, tombak dan barang-barang lainnya.

“Pusaka-pusaka itu di pajang untuk meyakinkan para korban agar percaya dengan modusnya,” ungkap Agus.

Hingga kini, polisi terus mendalami perkara penipuan tersebut. Diduga, Mustaqim masuk dalam sebuah jaringan penipuan tersebut.

“Kemungkinan ini adalah sindikat. Termasuk pembeli motor tersangka ini saat ini statusnya adalah buron,” Agus mengakhiri.

Akibat perbuatannya itu, Mustaqim harus mendekam di rumah tahanan Polsek Gondanglegi. Dia bakal dijerat pasal 378 KUHP, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (mid/yog)