Pedagang Pasar Tumpang Curhat Maraknya Minimarket

Foto: Ketua PC NU Kab. Malang Terima Curhatan Pedagang Pasar Tumpang. (ist)

BACAMALANG.COM – Pedagang Pasar Tumpang mengeluhkan maraknya keberadaan minimarket modern di wilayah setempat. Keluhan ini disampaikan kepada Ketua PC NU Kabupaten Malang, dr Umar Usman.

“Kami menerima curhatan dari perwakilan pedagang pasar Tumpang. Mereka mengadu karena maraknya minimarket modern dikhawatirkan mengancam keberadaan pedagang lokal,” kata dr Umar Usman MM baru-baru ini.

Seperti diketahui, beberapa perwakilan pedagang pasar Tumpang bertemu dengan dr Umar Usman di sebuah tempat makan di Tumpang.

Kedatangan perwakilan pedagang pasar Tumpang tersebut adalah selain melakukan silaturahim juga mengadukan beberapa persoalan terkait menjamurnya minimarket modern di wilayah itu.

Salah satu perwakilan pedagang pasar Tumpang Benny mengatakan saat ini semakin banyak jumlah minimarket modern berdiri di Tumpang. Ia mengkhawatirkan keberadaan pedagang kecil dan pasar tradisional semakin terpinggirkan.

“Kami khawatir sekarang semakin banyak minimarket modern berdiri. Kalau dibiarkan terus, kasihan pedagang kecil yang tersaingi,” tutur Benny.

Menanggapi hal tersebut dr Umar Usman mengatakan, semestinya ada regulasi dan kebijakan yang mengendalikan pendirian minimarket modern.

“Sebaiknya ada pengendalian, dalam rangka pembelaan Kita terhadap pedagang kecil. Jangan sampai pedagang kecil lokal termarginalisasi sehingga usahanya mati,” tegas pria yang turut meramaikan kontestasi Pilbup Malang ini.

Pria yang juga Dirut RSUD Kota Malang ini menuturkan, selayaknya ditempuh jalan keluar yang win win solution.

“Salah satu solusi yang bisa dicoba dijalankan adalah pihak minimarket modern menggandeng atau bermitra dengan pedagang kecil lokal, agar usahanya sama-sama tetap hidup dan jalan,” pungkas dr Umar. (had)