Begini Cara Dinsos Jatim Kembangkan Pelayanan PPKS

Foto: Ngatini, warga Disabilitas asal Bojonegoro bersama suami datang ke Malang untuk testimoni keberhasilannya sebagai tukang jahit. Di acara Dinsos Jatim, dalam rangka giat Konsolidasi dan Integrasi, di hotel Ollino Garden Malang, Rabu (26/08).

BACAMALANG.COM – Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur memiliki peran untuk memberi pelayanan kesejahteraan sosial kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang selama ini dibina melalui unit pelaksana teknis (UPT).

Kadinsos Jatim, Dr. Alwi, M.Hum menegaskan bahwa pihaknya bertekad mendukung dan mendorong kepada masyarakat klasifikasi PPKS ini agara mengembangkan usahanya sesuai bakat yang dimiliki dan keterampilannya.

“Jadi PPKS ini diarahkan plus kita bentuk lebih kreatif, inovatif, berprestasi, serta lebih sejahtera masa depan hidupnya,” tegas Kadinsos Jatim saat membuka kegiatan yang diikuti Dinsos se Jawa Timur di Hotel Ollino Garden Kota Malang, Rabu (26/08/2020).

Untuk mewujudkannya, Dinsos perlu menjalin kerjasama (sinergi) seperti dengan perangkat daerah terkait seperti Dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD), Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Ketenagakerjaan.

“Untuk itu kami menyelenggarakan Konsolidasi dan Integrasi Pengembangan Kesejahteraan Sosial Tahun 2020 guna menyamakan satu visi misi serta menjalin sinergitas bersama, sehingga eksistensi PPKS, baik saat berada di UPT maupun pasca dibina semakin hidup dan berkembang lebih maju dengan segala keahlian yang dimilikinya,” tuturnya.

Ia pun berharap, peserta kegiatan ini akan berperan aktif memberikan masukan yang dapat dijadikan panduan pengembangan mutu pelayanan kesejahteraan sosial. Sebagai bukti nyata, PPKS hasil binaan ini adalah Ngatini (39) bersama suaminya, warga dari Bojonegoro.

“Dengan modal mesin jahit dan obras dari Dinsos Jatim, kini mereka sudah mampu meraup omset Rp 3 juta perbulan. Padahal sebelumnya, pempuan Disabilitas ini adalah pengangguran total. Alhamdulillah, kami kini bisa merubah nasib atau masa depan lebih baik lagi, namun itu atas izin Allah SWT,” pungkasnya. (yog/red)