Pungutan Suara Sudah Dekat, Polres Malang Fokus Protokol Kesehatan

Simulasi pemungutan suara yang digelar Polres Malang di Stadion Kanjuruhan Kepanjen (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Polres Malang melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan dan simulasi pemungutan suara di Stadion Kanjuruhan, Kota Kepanjen, Jumat (27/11/2020).

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar mengatakan, ada beberapa skema yang sudah disiapkan untuk pengamanan Pilkada di tengah pandemi ini. Utamanya mengenai penerapan protokol kesehatan.

“Mengingat kita sudah kurang dua minggu lagi akan segera memasuki tahapan pemungutan suara, ini menurut kita adalah tahapan yang penting, krusial, apalagi kita dihadapkan pada pandemi Covid-19. Sehingga pengamanan harus benar-benar mengutamakan protokol kesehatan,” kata Hendri.

Kapolres kelahiran Solok Sumatera Barat menambahkan, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi merupakan hal baru. Maka dari itu, aparat keamanan juga harus memutar otak agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan aman dan lancar tanpa mengenyampingkan protokol kesehatan.

“Ini merupakan hal yang baru. Sehingga kami melihat harus segera di simulasikan, kepada seluruh personil yang akan terlibat pengamanan tersebut. Mulai dari unsur Polri, TNI, dan tentu saja dari rekan-rekan Linmas,” ucap Hendri.

Hendri melanjutkan, simulasi ini akan dilakukan juga di tingkat kecamatan. Harapannya, seluruh petugas dan personil pengamanan bisa paham tugas yang harus dijalankan nantinya.

“Sehingga nanti itu akan tersosialisasikan terus. Sehingga pada saat hari H nanti, seluruh personil yang terlibat sudah tahu apa yang harus dilakukan. Cara bertindak yang harus mereka kerjakan, pada saat di TPS ini. Mereka harus berdiri dimana, mereka harus melakukan apa, jam ini mereka harus berbuat apa kalau, kalau ada situasi seperti ini mereka harus berbuat apa,” Hendri mengakhiri. (mid/yog)