Bertahan Kala Pandemi, Hero Tito Enjoy Jadi Pelatih Boxing-Muay Thai

Hero bersama Kejari Kabupaten Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Pandemi menjadi momentum untuk tetap bertahan dalam usaha menghidupi keluarga meski kondisi perekonomian kurrang kondusif.

“Alhamdulillah saya sekarang menekuni usaha jasa menjadi pelatih Boxing-Muay Thai. Saya enjoy meski kondisi pandemi belum hilang,” tandas peraih juara tinju dunia kelas ringan, asal Malang, Hero Tito, Rabu (27/1/2021) memulai ceritanya.

Fitness dan Diet

Saat ditanya mengapa sekarang buka usaha jasa menjad pelatih Boxing Muay Thai ia mengatakan karena olahraga ini sangat digemari pria dan wanita masa kini.

“Olahraga ini mengajarkan dari sesuatu yang belum tahu jadi tahu dan belum bisa jadi bisa. Tentunya sangat efektif untuk program penurunan berat badan. Katakan just for fitness,” terang peraih sabuk juara dunia kelas Lightweight atau ringan (61,2 kg) versi badan dunia WPBF (World Professional Boxing Federation) ini.

Pemilik nama asli Heru Purwanto ini menuturkan, pada prinsipnya Muay Thai dan Boxing tidak terlalu beda jauh.

“Saya sebelumnya berkarir di dunia tinju dari tahun 1999 sampai sekarang jadi Muay Thai. Hampir sama dengan Boxing tetapi bedanya Muay Thai hanya perpaduan low kick, middle kick, high kick, push kick, ellbow dan knee. Jadi saya belajar waktu tanding di Thailand sebanyak 5 kali ke Bangkok,” imbuh Hero.

Ia menjelaskan, lokasi latihan dilakukan dengan melayani panggilan dari rumah ke rumah dan juga di gym miliknya di Jalan Galunggung Kota Malang.

“Saya melayani panggilan dari rumah ke rumah dan juga dilakukan di gym di jalan Galunggung Kota Malang. Untuk peralatan juga hampir sama dengan Boxing,” jelas Hero.

Publik figur

Seiring berjalannya waktu, saat ini sudah semakin banyak klien yang berlatih Boxing-Muay Thai. Ia mengatakan, saat ini ada beberapa publik figur dan pejabat. Semisal Kepala Kejaksaan Kabupaten Malang, owner Pentol Pedhes Alesha, Johanes Patrik (Yoyo) kontraktor Kabupaten Malang dan lainnya.

Terkait tarif, ia menjelaskan bervariasi berdasar frekuensi pertemuan.

“Tarifnya bervariasi 1x pertemuan sampai 12 x pertemuam dan grup maksimal 6 orang,” terang Hero.

Untuk manfaat, Hero menyebutkan banyak faedah dari berlatih Boxing-Muay Thai.

“Manfaatnya hampir sama dengan Boxing yaitu meningkatkan kestabilan tubuh, menguatkan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan berat badan serta banyak manfaat lainnya.

Hero mengungkapkan, ia tetap optimis meskipun banyak bermunculan pelaku usaha jasa yang sama.

“Tidak ada tantangannya walaupun banyak saingannya trainer handal di Malang. Tetapi saya menganggap mereka partner dan tidak memikirkan hal itu, karena rejeki sudah diatur yang maha kuasa. Kalau ramai member ya alhamdulilah dan kalau minim member ya tetap disyukuri,” papar Hero.

Ia merasa asyik dalam menjalankan usaha melatih Boxing-Muay Thai.

“Saya merasa enjoy bisa membantu orang untuk hidup sehat dengan olahraga, mempunyai dan kenal dengan orang-orang hebat dan orang-orang sukses,” tukas Hero.

Sehubungan dengan pandemi, ia menceritakan ada pula member yang takut tidak berani ketemu orang. “Beberapa member ada juga yang takut tidak berani ketemu orang jadi ada juga yang menolak tidak mau olah raga face to face,” imbuh Hero.

Hero mengatakan, dirinya prihatin adanya pandemi dan berdoa segera berakhir.

“Saya merasa prihatin mudah-mudahan bencana pandemi Covid-19 ini segera berakhir di seluruh penjuru dunia. Saya juga berharap semoga semakin banyak peminat dan join bersama Kami. Apabila ada yang mau private bisa kontak saya di nomor WA 082131427004,” pungkas Hero Tito. (had/zuk)