Sharing Experience, AIPTINAKES Jatim Gelar Webinar Internasional dengan PT Malaysia

Webinar Internasional Aiptinakes dan PT Malaysia. (ist)

BACAMALANG.COM – Guna menjalankan sharing experiences berbagi pengalaman dari berbagai institusi perguruan tinggi sesama khususnya di bidang kesehatan, Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Tenaga Kesehatan Jawa Timur (AIPTINAKES Jatim) mengadakan Webinar internasional.

“Kegiatan webinar kali ini juga dalam rangka menyambut persiapan semester genap yang akan datang, apalagi masih di tengah situasi pandemi saat ini. Kami rasa sangat perlu sharing experiences berbagi pengalaman dari berbagai institusi perguruan tinggi sesama khususnya di bidang kesehatan,” tegas Ketua AIPTINAKES Jatim Aries Wahyuningsih ,S.Kep.,M.Kes, Rabu (27/1/2021).

Seperti diketahui, AIPTINAKES Jatim menyelenggarakan Webinar International bersama Perguruan Tinggi dari Malaysia yaitu Mahsa University dan SEGi University College.

Seminar Internasional secara online yang dipandu MC Siti Suciati ,SST.,M.Keb ini bertajuk “Sharing sessions & experience on teaching and learning during pandemic Covid-19” dilaksanakan melalui webinar melalui ruang zoom.

Tindak lanjut MOU

Sementara itu, Ketua panitia webinar Tri Nurhudi Sasono ,M.Kep. mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya tindak lanjut dan bentuk komitmen bersama dari MoU kerjasama yang diselenggarakan pada tahun 2020 oleh para perguruan tinggi yang tergabung di AIPTINAKES Jatim bersama kedua Perguruan Tinggi dari Malaysia ini.

“Kegiatan ini diikuti oleh 68 peserta dari 25 institusi yang tergabung sebagai anggota AIPTINAKES Jatim,” tandas pria yang juga Wakil Ketua III STIKes Kepanjen bidang kemahasiswaan dan kerjasama ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah VII Jawa Timur Prof. Dr. Suprapto, DEA., saat sambutan dan membuka acara sangat mengapresiasi kegiatan webinar AIPTINAKES Jatim ini, meskipun ditengah situasi pandemi Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Jatim ini memang Asosiasi yang sangat aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Besar harapan LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur sebagai pembina para perguruan tinggi baik PTN dan PTS lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan seperti ini, baik itu pendidikan melalui webinar, penelitian join riset maupun pengabdian masyarakat bersama,” terang Prof. Dr. Suprapto ,DEA.

Prof. Prapto juga menyampaikan tentang Kebijakan Pembelajaran Semester Genap 2020/2021 pada era pandemi Covid-19.

Ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa saat ini yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan pemantauan.

Sharing Session

Pada sharing sessions dipandu moderator Luluk Anisyah dari STIKes Panti Waluya Malang dengan Narasumber pertama Prof Zahrah Saad dari Mahsa Univeristy, Malaysia memberikan materi “Sharing Sessions on teaching and learning experiences during pandemic Covid-19 from Mahsa University Approach”.

Narasumber kedua Mr. Roslan Othman dari SEGi University & College, Malaysia memaparkan materi bertemakan “Experience as a lecturer in SEGi University” dan terakhir ditutup Narasumber ketiga oleh Prof. Dr. Muhammad Zainudin ,Apt. perwakilan AIPTINAKES Jatim yang juga sekaligus Rektor IIK Bhakti Wiyata Kediri dengan tema “Sistem pembelajaran daring di Era Pandemic Covid-19 dengan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar”. (tri/had)