Menangguk Rupiah dari Kebangkitan Spirit Keagamaan, Navil Tekuni Bisnis Penerbitan Buku

Navil. (ist)

BACAMALANG.COM – Selama pandemi terdapat kemunculan fenomena meningkatnya religiusitas masyarakat Indonesia sejak tahun 2019.

Hal ini harus dibarengi dengan munculnya bahan-bahan literasi yang ringan dan mudah diakses untuk menyeimbangkan pemahaman agama yang murni dengan semangat religiusitasnya.

“Oleh karena itu Kami akan menjadikan Fatih Media Group sebagai wadah untuk itu. Kami membuka usaha penerbitan buku sejak tahun 2020 bulan November, dengan, modal awal Rp 10 juta,” terang Navil, Minggu (28/2/2021) memulai bercerita.

Ia membuka usaha di Desa Tegalgondo, Jalan Dawuhan no 213 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.

Ia menuturkan alasan mendirikan adalah ingin menawarkan literatur-literartur keIslaman dan sains yang berkualitas, serta meningkatkan minat baca anak bangsa, dengan nama penerbitan Fatih Media Group.

Minat Baca Selama Pandemi Naik

Ia menjelaskam, potensi pasarnya adalah minat baca masyarakat Indonesia di masa pandemi yang semakin meningkat.

“Walaupun di tahun 2019 ada survei yang menyatakan literasi masyarakat Indonesia menurun. Namun meningkatnya religiusitas masyarakat Indonesia sejak 2019 harus dibarengi dengan munculnya bahan-bahan literasi yang ringan dan mudah diakses untuk menyeimbangkan pemahaman agama yang murni dengan semangat religiusitasnya,” tukasnya.

Pada masa pandemi bisnis penerbitan di prediksi akan terus berkembang tetapi dengan tetap memerhatikan karakter buku yang diminati masyarakat. Untuk omzet penjualan buku-buku pondok di tahun 2020 sekitar Rp 200 juta.

Ia mengungkapkan, harapan ke depan minat baca masyarakat Indonesia semakin tinggi. ” Kami berharap juga dari Fatih Media Group dapat menunjang terbentuknya SDM Indonesia yang unggul,” paparnya.

Dua Project Baru

Ia menjelaskan saat ini menggarap dua project baru. “Sekarang Kami sedang menggarap project penerjemahan buku dari England, dengan genre motivasi Islam untuk muslimah, berjudul “Turning the Tide, membangkitkan hati dan jiwa perempuan,” jelasnya.

Project kedua adalah menggarap penerjemahan buku seorang imam besar di Amerika Omar Suleiman yang berjudul “Allah Lovers”. “Bagi yang ingin mengetahui usaha jasa penerbitan Kami bisa melihat di instagram : fatih media group,” pungkasnya. (had/zuk)