Mobil Warga Jombang Terguling di Klemuk, Polantas Himbau Begini

Kondisi mobil Isuzu Panther yang terguling, jadi tontonan warga yang melintas di Jalan Rajekwesi, Klemuk, Kota Batu. (Eko Sabdianto).

BACAMALANG – Kembali lagi, kecelakaan tunggal terjadi di di Jalan Raya Rejekwesi, Bukit Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Minggu (28/2/2021) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Penyebabnya dipicu, karena jalanan yang cukup licin ditambah dengan medan yang turun, membuat pengendara baik roda dua maupun roda empat dituntut untuk ekstra hati-hati kala melintasi jalanan tersebut.

Jika tak mau, seperti nasib nahas yang dialami Mohammad Azuni (54) warga Jalan A. Yani, RT.26, RW.06, Desa Sentul, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang ini.

Pasalnya, saat tengah melintas di jalanan turun itu, diketahui dirinya tidak bisa menguasai laju kendaraan. Apesnya, mobil Izuzu Panther warna Silver, dengan Nopol S 1164 ZQ yang dikemudikannya terguling dan baru berhenti ketika menabrak beberapa pohon kecil.

Menurut salah satu saksi mata Alfi Kurniawan (40) di lokasi kejadian, dari atas mobil Isuzu Panther itu terlihat berjalan oleng ke kanan dan ke kiri, hingga akhirnya berhenti.

“Awalnya itu mobilnya dari atas turun ke bawah berjalan zig-zag miring-miring gitu, lama-lama miring ke kiri dan akhirnya menabrak pohon-pohon terus berhenti,” kata bapak dua anak ini.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Batu, Aiptu Trimo, SH kepada wartawan menjelaskan, sebelum mengalami kecelakaan, mobil penumpang itu awalnya berjalan dari arah barat menuju ke timur, atau dari arah Pujon menuju ke Kota Batu.

“Tapi, begitu sampai di lokasi Jalan Rajekwesi, Bukit Klemuk kondisi jalan menurun tajam. Karena tidak bisa menguasai laju kendaraanya, kemudian sang sopir ini membanting setir ke kiri, hingga masuk ke saluran air (parit) dengan kedalaman kurang lebih sekitar 1 meter,” terang Trimo saat diwawancarai awak media.

Meski begitu, lanjut Trimo, kecelakaan tunggal tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Ya, jadi kecelakaan tunggal ini memang murni karena pengendara kurang hati-hati, dan tidak bisa menguasai laju kendaraan ketika melewati jalanan turun,” ungkapnya.

Akibat musibah kecelakan tunggal itu, masih kata Trimo, diperkirakan kerugian materiil mencapai Rp 1 juta.

“Saat ini, mobil Isuzu Panther tersebut sudah dievakuasi oleh derek dari Dishub Pemkot Batu, yang selanjutnya kendaraan dibawa pulang oleh pemiliknya,” ujar dia.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Perwira Polisi ini berpesan kepada para pengguna jalan yang melintas, agar selalu berhati-hati dalam berkendara.

“Kami mengimbau kepada setiap pengendara untuk selalu berhati-hati dan waspada ketika lewat di jalanan Klemuk ini, hal itu dikarenakan sering terjadi kecelakaan,” pungkasnya. (Eko/zuk).