Warga Pakisaji Lakukan Penyemprotan Disinfektan, Cegah Virus Corona

Foto : Aksi sosial penyemprotan disinfektan di Jalan Kauman, Desa Pakisaji, Kecamatan, Pakisaji, Kabupaten Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Warga Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, melakukan aksi kepedulian dengan menyemprotkan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, serta mengajak menghidupkan budaya bersih.

Teguh, Kepala Desa Pakisaji bahwa penyemprotan ini dikoordinir oleh Karang Taruna. Mereka melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi seperti fasilitas umum dan rumah warga.

“Kami melakukan penyemprotan seperti di lingkungan Masjid. Tidak hanya bagian dalam masjid saja, tapi juga bangunan sekitar,” kata Teguh, Kepala Desa Pakisaji, Sabtu (28/3/2020).

“Pembuatan cairan disinfektan, mengambil dari media sosial dan arahan dinas kesehatan serta beberapa panduan cara pembuatan. Selain itu, saat pembuatan juga kami dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” imbuhnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh masyarakat dan Pemuda Desa Pakisaji bersama Muspika Kecamatan Pakisaji, dan masyarakat sekitar, dengan bersama-sama memberikan sosialisasi tentang virus Corona, salah satunya di pasar.

“Kami mengadakan sosialisasi pentingnya cuci tangan dan social distancing. Bentuk kegiatannya hanya menyediakan dua unit tempat cuci tangan dan ajakan untuk menghindari kerumunan orang. Kami hanya menggunakan pengeras suara portable tentang cuci tangan dan social distancing,” terang Teguh.

Untuk diketahui, ada sebanyak 27 Rukun Tetangga (RT) yang mendapatkan  penyemprotan disinfektan sebagai upaya penanggulangannya dan pencegahan  penyebaran  virus corona  atau Covid -19 ini.

Yossi Budi Prasetyo, Pemuda Desa Pakisaji mengatakan bahwa aksi ini adalah aksi sosial sebagai wujud kepedulian terhadap warga dan kebersamaan dengan warga dalam menjaga kesehatan.

“Saya mengajak warga Pakisaji untuk mematuhi segala himbauan pemerintah  dan melakukan budaya bersih,” tukasnya .

Desa Pakisaji, lanjut dia, adalah contoh kecil dari gerakan masyarakat untuk melawan penyebaran virus tersebut. Sebelumnya, secara swadaya, banyak masyarakat di beberapa daerah lainnya di Kabupaten Malang melakukan aksi serupa.

Sementara itu, Muhammad Tita, salah satu perangkat Desa Wadung Kecamatan Pakisaji menambahkan, bahwa aksi penyemprotan juga di lakukan di desanya sebagai upaya pencegah virus corona yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Malang. 

Ada sebanyak 2 Rukun Wilayah (RW) terbagi dalam tiga dusun yakni dusun Wadung, Dusun Sikon dan Dusun Putuk. Dengan totalnya ada 32 Rukun Tetangga (RT). (yon)