Tegas! Satpol PP Tak Segan Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan

Para pelanggar aturan New Normal saat mendapat sanksi menyapu jalanan (Satpol PP Kabupaten Malang for bacamalang)

BACAMALANG.COM – Masa transisi New Normal atau tatanan normal baru yang membuat aktivitas masyarakat sedikit longgar ternyata banyak tidak patuhi dengan baik.

Masih banyak masyarakat yang melanggar aturan tatanan normal baru yang sudah diatur dalam Peraturan Bupati alias Perbup Malang nomor 20 tahun 2020. Alhasil, bagi mereka yang melanggar aturan harus siap-siap menerima sanksi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kabupaten Malang, Nazarudin Hasan mengatakan jika pihaknya tidak akan segan-segan untuk menindak tegas para pelanggar aturan itu. Salah satu yang menjadi fokus adalah penindakan bagi masyarakat yang tidak mengenakkan masker saat aktivitas di luar rumah.

“Kami sudah membentuk tim dalam melakukan operasi masker. Dan tim tersebut setiap hari menyebar diberbagai titik, diantaranya pasar, tempat wisata, dan di jalan,” ucap Nazar, Minggu (28/6/2020).

Masyarakat yang melanggar aturan, kata Nazar, akan dikenai sanksi sosial. Sanksi ini mengharuskan masyarakat seperti, menyapu jalanan, menyapu di area pasar. Paling berat, jika masyarakat masih bandel, maka akan dilakukan penyitaan kartu identitas diri.

“Petugas Satpol PP sudah beberapa kali memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak memakai masker saat di tempat umum. Sehingga mereka langsung diberikan sanksi menyapu jalan,” ungkapnya.

“Operasi itu kita sebar di semua kecamatan. Sehingga dengan kita lakukan operasi masker, maka mereka yang terkena sanksi sosial akan jera, dan mematuhi protokol kesehatan,” tukasnya. (mid/yog)