Gratiskan Wifi untuk Pembelajaran Daring Saat Pandemi

Foto : Santoko (paling kanan) owner Kopi Belik Wagir. (ist)

BACAMALANG.COM – Prihatin nasib siswa saat pandemi, Warung Kopi (Warkop) Belik di Wagir Kabupaten Malang milik Santoko mantan Ketua KPU Kabupaten Malang menyediakan Wifi Gratis untuk pembelajaran daring.

“Pilihan belajar online atau daring saat ini menjadi alternatif di tengah pandemi. Kebutuhan data internet yang tidak sepenuhnya dapat dipenuhi oleh keluarga siswa didik menjadi dasar pemikiran Kopi Belik untuk memberikan Wifi secara gratis”, tandas Santoko, Senin (27/7/2020).

Seperti diketahui, pada masa pandemi seperti ini, mau tidak mau pembelajaran harus tetap berjalan meski harus dilakukan secara daring.

Sehingga hal ini memaksa para orang tua untuk menyediakan kuota internet yang cukup besar. Hal ini semata-mata demi anak-anaknya agar tetap mendapatkan materi ajar dari gurunya melalui berbagai platform digital.

Namun siapa sangka di tengah hiruk-pikuknya pendidikan hari ini ada salah satu warung kopi yang menyediakan jaringan Wifi secara gratis untuk pembelajaran daring. Yaitu Warung Kopi Belik namanya, terletak di Desa Parangargo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.  

Pria alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengatakan, bahwa warung kopinya sengaja menyediakan Wifi gratis lantaran kepeduliannya pada nasib pendidikan, apalagi melihat tidak semua keluarga siswa didik dapat membeli kuota internet setiap saat.

Terkait sampai kapan warung kopinya menyediakan Wifi gratis, Santoko menerangkan bahwa warung kopinya akan menyediakan Wifi gratis sampai pandemi ini berakhir.

“Kita tidak tahu kapan Pandemi Covid-19 ini berakhir, tentunya kami berkomitmen akan tetap menyediakan jaringan Wifi secara gratis sampai pandemi ini berakhir”, terang pria yang kini menjadi Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini.

Pria mantan aktivis pemuda ini menambahkan, di Kopi Belik juga disediakan berbagai macam buku bacaan sebagai wahana literasi bagi para pengunjung.

Pengunjung bisa menikmati suasana persawahan yang sejuk serta aneka kopi Nusantara yang nikmat dengan harga ramah kantong. (had)